Disnakertrans Riau Investigasi Ledakan Kilang Pertamina Dumai

Kilang-minyak-pertamina-dumai.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Riau menurunkan tim investigasi untuk menyelidiki ledakan PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Dumai Jalan Putri Tujuh, Dumai Timur, Sabtu, 1 April 2023 sekitar pukul 22.30 WIB. 

Kepala Disnakertrans Riau, Imron Rosyadi mengatakan, pihaknya sejak Minggu, 2 April 2023 sudah turun langsung ke lokasi ledakan.

"Saya menunggu laporan tim turun hari ini (Minggu-red)," ujar Imron, Senin, 3 April 2023.

Menurut Imron, investigasi dilakukan agar ke depannya ada perbaikan dalam pengelolaan aset negara.

"Harus diinvestigasi, sebab ini untuk perbaikan ke depan. Mereka harus serius mengelola aset negara," pungkasnya.


Sebelumnya, Laboratorium Forensik Polda Riau menduga kebakaran dan ledakan Kilang PT Pertamina Refinery Unit (RU) ll Dumai, Riau, di Jalan Putri Tujuh, Dumai Timur disebabkan oleh kebocoran hidrogen.

Kebakaran tersebut diduga disebabkan oleh pelepasan (release) atau kebocoran hidrogen (H2) di area pipa Suction Discharge yang menyebabkan terbakarnya unit hydro cracker ( HCU).

Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal menyebutkan karakteristik kebakaran ialah hidrogen. Hal itu lah yang menghasilkan gelombang udara dan suara yang dahsyat hingga berdampak pada lingkungan sekitar.  

"Namun kebakaran dapat dikendalikan dan dilokalisir dalam waktu 9 menit di area yang terbakar," ujar Irjen Iqbal, Minggu, 2 April 2023.