Pembangunan Kios Sementara Pasar Cik Puan Makan Anggaran Rp 2,6 M

Material-kios-sementara2.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses pembangunan kios sementara di Pasar Cik Puan sudah bergulir sejak Minggu, 12 Maret 2023. Sejumlah material untuk pembangunan kios sudah sampai di lokasi bekas kebakaran di pasar Jalan Tuanku Tambusai, Kota Pekanbaru.

Pembangunan kios sementara di Pasar Cik Puan memakai anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Anggaran pembangunan tersebut dari APBD Kota Pekanbaru sebanyak Rp 2,6 miliar.

"Ini untuk menyelesaikan bangunan sekitar 220 kios akan kita bangun menampung seluruh pedagang," jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Selasa 14 Maret 2023.

Dirinya menyebut, proses administrasi sudah rampung sejak Jumat pekan lalu. Pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru.


Kebakaran menghanguskan ratusan kios di Pasar Cik Puan pada 19 Februari 2023. Para pedagang pasar untuk sementara berjualan di bangunan terbengkalai di area pasar sembari menanti ratusan kios sementara selesai dibangun.

Pada proses pembangunan kali ini di Pasar Cik Puan bakal dipasang hydrant ini untuk mencegah terjadinya kebakaran karena kios di pasar itu sudah beberapa kali terbakar.

Pemerintah kota juga melakukan penataan terhadap Pasar Cik Puan. Kawasan dalam pasar itu ada yang berfungsi untuk berdagang dan ada juga untuk parkir.

Pengelola pasar juga menyiapkan tempat penampungan sampah. "Kita ingin agar semua kawasan pasar ini bisa tertata. Nanti akan kita tata agar pedagang tidak tumpah lagi ke Jalan Tuanku Tambusai," pungkasnya.