Hipnotis Penggali Kubur, Pelaku Ditangkap Usai Sebulan Beraksi di Pekanbaru

Ilustrasi-penangkapan.jpg
(Liputan6.com)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang pelaku hipnotis di Pekanbaru diringkus Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Riau usai aksinya terekam kamera CCTV, Minggu, 12 Februari 2023.

Dirkrimum Polda Riau, Kombes Pol Asep Darmawan, menjelaskan pelaku berinisial E ditangkap usai menghipnotis seorang penggali kubur bernama Selamet.

Diterangkannya, Selamet yang menaiki sepedanya melihat sebuah mobil diparkir di pinggir jalan. Tiba-tiba pria dari dalam mobil memanggilnya dan berpura-pura akrab seperti teman lama.

"Begitu mobil pergi, korban baru sadar bahwa dompetnya telah raib. Di dalamnya ada uang Rp 400 ribu untuk membeli obat dan triplek," ujar Kombes Asep, Selasa, 14 Februari 2023


Berbekal dari rekaman kamera CCTV tersebut, pihaknya menelusuri dan berhasil meringkus pelaku di Jalan Air Hitam, Binawidya, dua hari setelah peristiwa tersebut. 

Berdasarkan hasil interogasi, pelaku E telah beraksi di wilayah Kota Pekanbaru menggunakan mobil sewaan selama sebulan. Korbannya pun dipilih secara acak. 

"Jadi pelaku ini setiap hari keliling untuk mencari mangsa baru dengan modus yang sama. Pelaku telah beraksi di banyak daerah di Pekanbaru. Dia juga residivis copet," pungkasnya. 

Saat ini diketahui pelaku bekerja seorang diri. Namun Polda Riau hingga kini masih mendalami keterkaitan kelompok lain.