Waspada Banjir, Hujan Bakal Guyur Sebagian Wilayah Riau Lagi

Hujan61.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Riau diimbau untuk tetap waspada terhadap potensi banjir akibat curah hujan tinggi yang biasa terjadi di penghujung tahun.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan kembali mengguyur Bumi Lancang Kuning hari ini, Kamis, 22 Desember 2022.

Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang kembali berpotensi mengguyur Riau.

Forecaster on Duty BMKG Stasiun Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah, mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi dan akan kembali terjadi hingga dini hari.

"Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Yudhistira Mawaddah, Kamis, 22 Desember 2022.

Diungkapkannya, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan juga Indragiri Hilir.

Disusul, siang hingga sore hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti, l Kampar, Pelalawan, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru.

Sedangkan, malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian besar wilayah Riau.

"Dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Siak dan sebagian Pelalawan," ungkapnya.

Lanjut Yudhistira, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Bengkalis, Pelalawan, Siak, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai pada pagi, sore atau malam hari," ucapnya.

Sementara, suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0–32.derajat celcius dengan kelembaban udara 55–99 persen. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut-Timur dengan kecepatan 10-40 km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (rendah).