Musim Liburan, Warga Diimbau Selektif Pilih Angkutan Umum Guna Hindari Insiden

Bus-Pariwisata.jpg
(Denita br Matondang/kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Liburan jelang natal dan tahun baru tinggal beberapa hari lagi. Masyarakat pun tentu bersiap memilih tempat dan kendaraan sebelum berlibur.

Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat untuk selektif menumpangi angkutan umum. Apalagi pada musim liburan ini seiring permintaan kendaraan umum khususnya bus oleh masyarakat.

Imbauan ini untuk menghindari adanya insiden saat bepergian keluar kota dengan kendaraan umum khususnya bus. Masyarakat mesti memastikan bahwa kendaraan umum yang hendak ditumpangi memiliki dokumen perizinan.

"Masyarakat juga harus memastikan kendaraan itu layak jalan atau memiliki dokumen kelaikan kendaraan," ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Sunarko, Selasa 20 Desember 2022.

Dirinya mengingatkan agar pelaku usaha angkutan tidak mengambil risiko dengan membiarkan kendaraan tidak layan jalan untuk membawa penumpang. Pengelola angkutan umum harus mengantongi izin trayek dan dokumen kelaikan kendaraan masih aktif.

Mereka juga harus memastikan kendaraan tersebut menjalani uji kelaikan secara berkala. Adanya uji kelaikan untuk mengetahui kondisi kendaraan yang hendak mengangkut penumpang.

Sunarko mengaku prihatin dengan kecelakaan kendaraan yang dialami oleh para mahasiswa Universitas Riau di Silaiang, Padang Panjang. Ia pun mengajak masyarakat lebih bijak dalam memilih kendaraan bus umum.

Masyarakat mesti berhati-hati memilih kendaraan bus untuk bepergian keluar kota. Apalagi semua ini menyangkut keselamatan seluruh penumpang di dalamnya.

"Jangan sampai hanya tergiur harga yang murah saja. Tapi kondisi kendaraan dan perizinan jadi perhatian, agar keselamatan lebih terjamin," katanya mengingatkan.