Bus Rombongan Mahasiswa Unri Kecelakaan, Dekanat FEB: Hendak ke Semen Padang

Kapolres-PP-evakuasi-korban-laka.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAUONLINE.CO.ID)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 33 orang penumpang bus mercedes nomor polisi S 7056 UW dari Universitas Riau (Unri) yang dikemudikan Amri mengalami luka ringan dalam insiden kecelakaan lalu lintas (laka lantas) beruntun di Jalan Silaing, Padang Panjang, Sumatera Barat, Senin, 19 Desember 2022, sekitar pukul 08.20 WIB.

Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unri, Deny Setiawan, mengatakan bus rombongan itu bersama tiga bus lainnya hendak melakukan kunjungan ke PT Semen Padang dalam rangka program kegiatan kelembagaan mahasiswa.

"Kegiatannya Senat Mahasiswa (Sema) Prodi D3 Perpajakan dan D3 Akuntansi. Jadi kelembagaan mahasiswa ini salah satu programnya kunjungan industri dan sudah diterima PT Semen Padang, harusnya pada hari ini jam 10 sesuai agendanya," katanya saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 19 Desember 2022.

Kendati itu kegiatan kelembagaan mahasiswa, Deny menuturkan, tetap saja didampingi pihak dosen. Lanjutnya, dalam rombongan itu ada enam dosen dan 13 staf dari Prodi D3 Perpajakan dan D3 Akuntansi.

"Kaprodi D3 Perpajakan dan D3 Akuntansi juga ikut dalam rombongan itu," katanya.

Sementara terkait keadaan satu dari empat bus yang mengalami kecelakaan itu, Deny menjelaskan, siang ini semua korban dalam keadaan selamat.

"Keadaannya baik, tidak terlalu parah, korban jiwa juga tak ada. Yang ada paling mengalami luka ringan, dan trauma psikis karena goncangan di dalam bus," tutur Deny.

Selanjutnya, ia mengaku pihak Unri meminta rombongan itu agar segera kembali ke Pekanbaru jika para korban dirasa sudah bisa melakukan perjalanan.

"Busnya sewaan seperti bus pariwisata gitu. Kami memang kalau kelembagaan mahasiswa ke luar kota itu diwajibkan bus pariwisata," tutupnya.

Diketahui, Kasatlantas Polres Padang Panjang, Iptu Aldy Lazzuardy, mengatakan dari 46 penumpang bus, 33 di antaranya mengalami luka-luka.

"Dibawa ke rumah sakit dengan rincian 25 RS Yarsi, 7 di RSUD Padang Panjang, 1 Puskesmas Kayu Tanam," ujar Iptu Aldy.

Iptu Aldy mengatakan bus mahasiswa Unri tersebut datang dari arah Padang Panjang menuju Kota Padang. Saat sampai di Silaing, bus menabrak mobil Datsun Go Nopol BA 1467 QF yang datang dari arah berlawanan.

"Tak hanya menabrak mobil sedan, Bus juga menabrak Toyota Calya BA 1157 IN dan kendaraan Hyundai Starex Mover BA 1578 N dan kendaraan tangki CPO nopol B 8033 GU yang melaju dengan arah yang sama dengan Kendaraan Bus Mercedes Benz S 7056 UW," pungkasnya.