Batalyon Komando 462 Kopasgat Panen Semangka: Sukseskan Program Ketahanan Pangan

TNI-Panen-semangka.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dengan semangat, para personel Batalyon Komando 462 Kopasgat melakukan panen semangka di area markas Batalyon Komando 462 Kopasgat, Kamis 15 Desember 2022.

Penanaman semangka ini dalam program ketahanan pangan Batalyon Komando 462 Kopasgat. Mereka pun memanfaatkan lahan tidur yang luasnya hampir satu hektar untuk menanam semangka.

"Kita sukseskan program ketahanan pangan sesuai arahan panglima TNI. Kita akhirnya bisa panen lagi, dan ini yang ketiga kali," ujar Komandan Batalyon Komando 462 Kopasgat, Letkol Pas Muhammad Junaidi, SH didampingi Serda Dede Irawan.

Jumlah semangka yang dipanen mencapai enam ton. Mereka akhirnya bisa memanen semangka itu usai ditanam pada 15 Oktober 2022.

Letkol Pas Muhammad Junaidi, SH menyebut bahwa semangka yang ditanam yakni jenis amara dan madrid. Kedua jenis semangka ini dipilih karena memiliki kelebihan.

Dirinya mengatakan, kelebihan kedua jenis semangka ada pada warna kulit yang cerah. Kondisi ini membuat semangka lebih punya ketahanan yang lebih lama ketika semangka dibawa ke luar daerah.

"Kelebihan dari semangka tidak memiliki banyak biji dan manis rasanya dan memiliki kadar air yang banyak," paparnya.

Semangka yang panen ini juga didistribusikan ke agen buah sekitarnya. Selain dijual semangka ini juga dibagikan ke seluruh prajurit Yonko 462 Kopasgat.

Untuk menanam semangka, lanjutnya, melibatkan seluruh anggota batalyon. Namun yang menjadi Penanggung Jawab Kebun Semangka Ketahanan Pangan Yonko 462 Kopasgat, Serda Dede Irawan.

"Kita berharap dengan adanya program ini bisa memotivasi masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan tidur, supaya dapat membantu ekonomi masyarakat," harapnya.