Jelang Piala Dunia, Intip 8 Stadion Mewah di Qatar

Piala-Dunia-Qatar-2022.jpg
(FIFA via Kumparan)


RIAU ONLINE - Piala Dunia akan segera dihelat dengan Qatar sebagai tuan rumah tahun ini. Qatar telah menyediakan sedikitnya 8 stadion sebagai venue utama pertandingan sepak bola dunia itu.

Dilansir dari Suara.com, Rabu, 16 November 2022, berikut 8 stadion mewah di Qatar untuk Piala Dunia mendatang.

1. Lusail Iconic Stadium

Lusail Iconic Stadium dibangun pada 2017 dan selesai pada 2021 lalu. Satuan ini dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara di dalam arenanya, yang ditenagai sumber listri bertenaga matahari.

Kapasitasnya mencapai 86.000 penonton, dan akan menjadi lokasi pelaksanaan pertandingan final nantinya.

2. Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt terletak di Kota Al Khor. Stadion ini akan menjadi venue utama gelaran upacara pembukaan Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung pada 20 November mendatang.

Stadion Al Bayt berkapasitas hingga 60.000 penonton, dan dilengkapi dengan hotel bintang lima di dalamnya. Bagian atap bisa terbuka dan tertutup, disesuaikan dengan kondisi pertandingan.

3. Stadion Al Janoub


Stadion Al Janoub akan menjadi stadion utama di gelaran pesta akbar sepak bola empat tahunan itu.

Stadion yang sempat mengalami renovasi ini memiliki kapasitas mencapai 40 ribu orang, dan desainnya terinspirasi dari bentuk gurun pasir di Timur Tengah. Uniknya, setengah kursi penonton dapat dilepas.

4. Stadion Ahmad bin Ali

Setelah dibangun pada 2003 lalu, stadion ini kemudian dirobohkan dan kembali dibangun untuk gelaran Piala Dunia 2022. lokasinya ada di Al Rayyan, dan memiliki kapasitas hingga 40.000 penonton dengan desain interior yang indah.

Keunikannya adalah bahwa di bagian luar stadion bisa menyala warna-warni, dan bisa menjadi layar raksasa untuk menyajikan cuplikan pertandingan.

5. Stadion 974

Berada di kota Doha, Stadion 974 memiliki kapasitas hingga 40 ribu penonton. Nama stadion 974 sendiri digunakan untuk menggantikan nama lama, stadion Ras Abu Aboud. Angka 974 melambangkan bahan pembuatan stadion, yakni 974 kontainer bekas yang disusun dan dibangun hingga berdirilah stadion yang megah.

6. Stadion Al Thumama

Seperti stadion 974, stadion Al Thumama juga terletak di kota Doha. Jika dilihat sekilas dari ketinggian, bentuknya mirip sekali donat. Inspirai utama dari stadion ini adalah topi tradisional Qatar, yang disebut Taqiyah.

Kapasitas stadion ini mencapai 40 ribu penonton, dan setengah kursinya dapat dilepas guna disumbangkan ke negara yang membutuhkan.

7. Stadion Education City

Berada di Kota Al Rayyan, tidak jauh dari Doha. Stadion Education City dikelilingi beberapa sekolah yang ada di kota tersebut, dan memiliki kapasitas hingga 45 ribu penonton. Stadion ini merupakan hasil renovasi besar-besaran yang dilakukan pada stadion lama, yang hanya memiliki kapasitas 25 ribu orang saja.

8. Stadion Khalifa International

Terakhir ada Stadion Khalifa International. Stadion ini sebelumnya digunakan pada Asian Games pada 2006 silam. Renovasi kemudian dilakukan dan dibangun dengan konsep multicabang. Kini stadion tersebut memiliki kapasitas hingga 45 ribu penonton.