Pekanbaru PPKM Level I hingga 3 Oktober 2022, Syoffaizal: Tuntaskan Vaksin

Asisten-1-Sekda1.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru masih melanjutkan Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level I. Usai berakhir pada 5 September 2022, PPKM level I kembali diperpanjang hingga 3 Oktober mendatang.

 

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Syoffaizal menyampaikan, perpanjangan penerapan PPKM tersebut ditetapkan melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 43 Tahun 2022 tentang PPKM Level I serta Mengoptimalkan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa dan Kelurahan untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Wilayah Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

 

"Berdasarkan salinan Inmendagri yang kita terima, Kota Pekanbaru dan seluruh kabupaten/kota di Riau ditetapkan berstatus level I," jelas Syoffaizal.

 

Untuk menekan sebaran wabah Covid-19, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru terus mengingatkan kepada warga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). "Seperti rajin mencuci tangan di air yang mengalir, menggunakan masker dan menjaga jarak," ujarnya.

 

Kemudian, masyarakat juga diminta segera menuntaskan vaksinasi. Pelayanan vaksinasi sendiri bisa didapatkan di fasilitas-fasilitas kesehatan seperti pusat kesehatan masyarakat (puskesmas).

 

"Pelayanan vaksinasi ini, sekarang juga ada diberikan di Mall Vaksinasi dan Imunisasi kerjasama Dinas Kesehatan provinsi dan kota," paparnya.


 

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru dr. Zaini Rizaldy Saragih mengatakan stok vaksin Moderna saat ini sedang tidak tersedia di Kota Pekanbaru maupun di pusat.

 

Meskipun demikian, ia meminta warga tidak perlu khawatir. Meskipun sudah menggunakan vaksin Moderna untuk dosis pertama maupun dosis kedua, mereka bisa menggunakan vaksin jenis lain untuk vaksinasi booster.

 

"Kalau pun sudah menggunakan vaksin Moderna saat dosis pertama dan kedua, namun untuk vaksin ketiga atau booster bisa menggunakan vaksin lain," jelasnya.

 

 

Pria yang akbar disapa dr Bon menyebut bahwa Diskes Pekanbaru belum mendapatkan informasi terbaru terkait kapan vaksin jenis Moderna akan tersedia. Sementara ini, stok yang tersedia adalah Pfizer.

 

"Belum ada informasi dari pusat kapan stoknya ada. Tapi sebenarnya tidak perlu juga harus Moderna, bisa pakai vaksin lain, dan sekarang untuk vaksinasi ada aksesnya di semua Faskes dan Mal Vaksin," tutupnya.