Capaian Booster di Pekanbaru Masih Rendah, Diskes Imbau Warga ke Mall Vaksin

vaksinasi8.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU- Capaian vaksin booster atau dosis ketiga di Kota Pekanbaru masih rendah. Persentase capaian vaksinasi booster yakni 32,82 persen.

 

Masyarakat pun diimbau untuk mengakses layanan vaksin. Apalagi di Kota Pekanbaru sudah ada layanan vaksinasi di Mall Vaksin, Jalan Melur, Kota Pekanbaru.

 

"Kami imbau kepada masyarakat untuk segera mendapat suntikan vaksin, guna mengurangi dampak terpapar Covid-19," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy.

 

Dirinya menyampaikan bahwa kebanyakan  terpapar adalah masyarakat yang belum mendapat suntikan vaksin lengkap. Mereka yang terpapar ada yang baru mendapat suntikan dosis pertama atau dosis kedua.

 

Zaini menyebut jarang dari pasien merupakan orang yang sudah mendapat suntikan booster. Ia memastikan pasokan vaksin masih tersedia.

 

Ada dua jenis vaksin yang tersedia saat ini yaitu Pfizer dan Coronavac. Ia menyebut untuk Pfizer tersedia sebanyak 45.000 dosis sedangkan vaksin jenis Coronavac hanya sekitar 1.000 dosis.


 

"Memang Coronavac hanya tersisa seribu dosis lagi di Pekanbaru, tapi persediaan di Dinas Kesehatan Provinsi Riau masih banyak, kalau misalnya kita butuh, bisa kita minta untuk vaksin anak dan dosis vaksin kedua," jelasnya.

 

Zaini mengatakan bahwa mal vaksinasi ini melayani masyarakat dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB. Ia mengaku masyarakat antusias untuk datang ke mall tersebut.

 

 

 

Pada hari pertama pembukaan jumlah masyarakat yang hendak vaksinasi mencapai 96 orang. Jumlahnya diprediksi terus bertambah walau laporan per hari ini masih didata jumlahnya.

 

"Bagi masyarakat yang hendak suntik vaksin bisa datang ke mal vaksinasi, kita juga lengkapi. Siapa saja bisa datang untuk suntik vaksin," paparnya.