Serial Web Five Ingredients, Diperankan Pengungsi Luar Negeri di Indonesia

Poster-Serial-Web.jpg
(Istimewa)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dalam rangka membangun empati dan pemahaman terhadap kehidupan para pengungsi luar negeri dan pencari suaka di Indonesia, International Organization for Migration (IOM) Indonesia meluncurkan serial web berjudul Five Ingredients

Peluncuran serial web ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan Hari Pengungsi Sedunia 2022 yang dirayakan tiap tahunnya pada 20 Juni. Acara peluncuran Five Ingredients diadakan selama tiga hari berturut-turut pada 28 sampai dengan 30 Juni 2022 secara virtual, di mana IOM Indonesia juga membuat diskusi secara daring dan menghadirkan berbagai narasumber.

Pembuatan serial web ini bertujuan untuk menghapuskan gambaran negatif tentang para pengungsi luar negeri dan pencari suaka yang saat ini berada di Indonesia. IOM melihat bahwa sikap tidak toleran, diskriminasi, rasisme, dan xenofobia terhadap mereka yang meninggalkan negara asalnya untuk menghindari konflik, perang, atau persekusi masih rentan terjadi.

Melalui serial web ini, IOM mengharapkan agar komunitas lokal dapat hidup berdampingan dan saling bekerjasama serta mendukung para pengungsi dan pencari suaka selama mereka berada di Indonesia.

Five Ingredients adalah sebuah karya fiksi yang terinspirasi dari pengalaman hidup para pengungsi luar negeri dan pencari suaka yang bermukim sementara di beberapa daerah di Indonesia. Serial ini bercerita tentang lima pemeran utama, Akash, Ayan, Mahisha, Dina dan Kian yang menjalani kehidupan sebagai pengungsi di Indonesia.


 

 

Meski demikian, serial web ini benar-benar diperankan oleh pengungsi luar negeri yang saat ini berada di Indonesia.

Setiap episode dari serial web Five Ingredients; The Waiting Game, Metamorphosis, Mother’s Day, A Girl and Her Camera, dan The Letter akan menyoroti satu dari lima resep kekuatan mereka dalam menjalani hidup yang penuh tantangan dan ketidakpastian seperti jauh terpisah dari keluarga, harapan besar untuk mendapatkan resettlement, dan sebagainya.

Serial web Five Ingredients dapat disaksikan di kanal Youtube IOM Indonesia, mulai 28 Juni 2022 dan dapat disaksikan secara bebas oleh publik.

IOM Indonesia saat ini membantu lebih dari 7,100 pengungsi luar negeri di Indonesia, disamping juga menjalankan program-program untuk mencegah tindak pidana perdagangan orang, penguatan perlindungan bagi pekerja migran, mengurangi keterpaparan dan kerentanan terhadap bencana alam, serta mendukung sistem pengelolaan perbatasan terpadu dengan fokus khusus memerangi pandemi COVID 19 saat ini.