Puluhan Pengungsi Rohingya Kabur Diduga Hendak ke Malaysia

Penampungan-Rohingya.jpg
(Rahmadi Dwi Putra/RIAUONLINE.CO.ID)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Tim Satgas Penanganan Pengungsi Luar Negeri (PPLN) Pekanbaru masih melakukan pencarian terhadap puluhan pengungsi Rohingya yang kabur.

Sebanyak 26 pengungsi tersebut kabur beberapa hari lalu dari akomodasi di Wisma D'cop 2 di Jalan Cipta Sari, Kelurahan Tangkerang Selatan, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Para pengungsi Rohingya baru saja pindah dari penampungan di Aceh.

"Kita masih melakukan pencarian, kita belum mengetahui dimana keberadaannya," ujar Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian, Jumat 27 Mei 2022.

Dirinya mengatakan bahwa tim PPLN juga berupaya berkomunikasi dengan pengungsi Rohingya yang masih berada di akomodasi. Namun sayangnya para pengungsi tidak mengetahui keberadaan puluhan pengungsi tersebut.

Zulfahmi menduga puluhan pengungsi Rohingya yang melarikan diri itu hendak menuju ke Malaysia. Dirinya mendapatkan informasi dari sejumlah pengungsi yang tersisa di akomodasi.


 

 

"Para pengungsi yang masih bertahan di sana mengatakan bahwa mereka sempat menahan pengungsi yang kabur, tapi pengsungsi itu nekat melarikan diri," ujarnya.

Tim PPLN Pekanbaru juga memeriksa fasilitas pengamanan untuk pengawasan pengungsi di wisma tersebut. Ia menyebut bahwa saat ini sudah terpasang sebelas titik CCTV di sekeliling wisma itu.

Mereka sudah memeriksa kesiapan kamera pengawas guna memastikan gerak gerik para pengungsi di areal wisma. Ia menyebut, penambahan CCTV ini untuk meningkatkan pengawasan terhadap para pengungsi.

Akomodasi disiapkan bagi 119 orang pengungsi asal Rohingya yang pindah dari Aceh. Saat ini hanya 93 orang yang masih berada di akomodasi pasca kaburnya puluhan pengungsi dari sana.