40 Orang Warga Riau Batal Berangkat Haji ke Tanah Suci, Ini Alasannya

Kakbah-di-Mekkah.jpg
(VOAINDONESIA/AP)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sekitar 40 orang dari 2304 jamaah haji Riau 2022 tak jadi berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan haji karena tak mengkonfirmasi pelunasan.

Subkordinartor pendaftaran dan dokumen haji reguler Kementerian Agama (Kemenag) Riau, Hari Kurniawan mengatakan pihaknya memberikan kesempatan konfirmasi pelunasan kepada calon jamaah sejak tanggal 9 - 20 Mei 2022.

"Hingga batas waktu, sebanyak 40 calon jamaah tidak melakukan konfirmasi pelunasan. Jadi untuk penggantinya kita ambil dari nomor urut porsi yang terkecil," ujar Hari, Selasa, 24 Mei 2022.

Hari Kurniawan juga menjelaskan alasan 40 jamaah ini yaitu kondisi kesehatan yang tak memungkinkan, terpisahnya dengan mahrom yang telah melebihi umur serta alasan lainnya.

 


 

Untuk memenuhi kuota yang kosong karena jamaah haji yang tak mengkonfirmasi pelunasan, maka akan diisi oleh cadangan yang telah dipersiapkan Kemenag Riau.

"Cadangan yang tercatat saat ini sekitar 500-an calon jamaah. Mereka dapat mengisi kekosongan jamaah yang batal berangkat," lanjutnya.

Untuk jadwal keberangkatan sendiri, Hari menyebutkan pihaknya masih menunggu keputusan dari Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah, sesuai penyusunan kloter dan pembagian kelompok terbang.

"Insya Allah dalam waktu dekat akan kami publikasikan jumlah total yang akan berangkat," pungkasnya.