Belum Ada Kawasan Terdampak Banjir Usai Pekanbaru Diguyur Hujan Sejak Dini Hari

hujan55.jpg
(okezone.com)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi mengguyur sebagian besar wilayah Kota Pekanbaru sejak Senin, 16 Mei 2022 dini hari.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengaku, bahwa saat ini belum ada kawasan yang terdampak banjir. Sementara ini, belum ada pemantauan kawasan rawan banjir secara menyeluruh.

"Saat ini kita juga belum terima laporan bahwa ada kawasan pemukiman maupun titik kawasan yang tergenang banjir," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, Senin siang.

Dirinya menjelaskan, tim saat ini masih menyebar ke sejumlah lokasi yang rawan banjir. Pihaknya ingin memastikan lokasi yang terdampak hujan yang mengguyur hingga siang ini.

Namun, ditegaskan Zarman, pihaknya siaga mengantisipasi kawasan yang terdampak banjir. Mereka bakal menerjunkan personel untuk melakukan evakuasi bila mendapati pemukiman terdampak banjir.


"Bila memang nanti ada kawasan pemukiman terdampak banjir, tim langsung siaga untuk melakukan evakuasi di lokasi kejadian," ujarnya.

Dirinya juga mengimbau agar masyarakat di kawasan rawan banjir untuk waspada. Ia mengimbau masyarakat di tepi aliran sungai bisa mewaspadai potensi banjir di wilayahnya.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini untuk sejumlah wilayah akan datangnya hujan disertai angin kencang.

"Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan nangin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Kampar, Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak pada pagi hari," tulis BMKG melalui website resminya bmkg.go.id, seperti dilansir RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 16 Mei 2022.

Warga Riau khususnya untuk daerah yang terjadi hujan diharapkan dapat menyiapkan mantel dan payung jika hendak keluar rumah serta berhati-hati terhadap banjir dan angin kencang.