Syamsuar Hendaknya Pilih Pj Wali Kota Pekanbaru Mampu Atasi 3 Masalah Besar

mardianto-manan6.jpg
(Bagus Pribadi/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Anggota DPRD Riau Mardianto Manan meminta Gubernur Riau Syamsuar memilih Pj Wali Kota Pekanbaru yang mampu mengatasi tiga persoalan besar Kota Pekanbaru. 

Menurutnya, kirteria Pj wali kota yang diajukan ke Kemendagri hendaknya orang yang betul-betul mumpuni, independen, dan profesional.

"Saya ingin dia punya skill mengelola kota ini. Karena mengelola kota berbeda dengan mengelola kabupaten. Seperti masalah besar Pekanbaru, kemacetan, banjir, sampah itu bisa tidak minimal mengurangi masalah itu selama dua tahun ke depan," ujar Anggota DPRD Riau dari Fraksi PAN, Mardianto Manan, Rabu, 27 April 2022.

Sebab itu ia meminta agar Syamsuar tak asal memilih orang melainkan orang yang bijak mengambil keputusan dan tanpa ada kepentingan lainnya.


"Saya katakan tadi orang yang independen karena ke depan ada Pemilu 2024. Jadi kalau bisa Pj ini sebagai ASN tak berpihak mendukung salah satu calon. Karena ini rawan," terangnya.

Mengenai isu bahwasanya Sekdaprov SF Hariyanto diajukan sebagai Pj ke Kemendagri, menurut Mardianto bukan keputusan yang tepat.

"Sekdaprov ini memiliki kekuatan dahsyat di tingkat provinsi, ditumpangtindihkan di kota itu tak elok. Seperti tak ada yang lain saja. Dualisme jabatan ini akan mengakibatkan kacau balau," ujar Mardianto.

"Kalau tetap seandainya Sekdaprov, ya saya menentang keras itu. Cuma yang namanya keputusan saya hargai, saya cuma bisa kasih masukan, bagaimana lagi," tutupnya.