Biaya Masuk Sekolah Mahal, Ini Penjelasan Humas MAN 1 Pekanbaru

biaya-pendidikan.jpg
(Haslinda/ RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Humas MAN 1 Pekanbaru, Inharma menanggapi perihal biaya masuk siswa-siswi yang dinilai mahal.

Menurutnya, hal ini tidak serta merta keputusan sekolah melainkan sudah disepakati antara Kemenang dan juga orang tua siswa.

"Memang angka segitu kita yang menawarkan karena kebutuhan madrasah. Tapi orang tua boleh minta kurang atau gimana. Nah kesepakatan dari rapat pertama itu orang tua murid menyetujui, malah tidak ada yang frontal waktu itu. Tapi mereka cuma minta keringanan waktu pembayaran," ujar Inharma saat ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 21 April 2022.

"Prosedurnya kan ada. Jadi kita mendatangkan orang tua kemudian mengadakan rapat dengan komite," tambahnya.


Dikatakan Inharma dari hasil rapat yang telah dilakukan, orang tua siswa boleh melakukan tiga kali angsuran pembayaran hingga Desember mendatang. Namun pembayaran pertama pada saat daftar ulang sebesar Rp3 juta.

"Kesimpulan dari hasi rapat itu boleh diangsur sampai 3 kali angsuran. Paling lambat di bulan Desember dan harus lunas. Lumayan waktu yang cukup panjang kami berikan," imbuhnya.

Tak hanya itu, Inharma menyebut mengenai biaya masuk di MAN 1 Pekanbaru ini sudah dilakukan sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Agama dan bukan sekedar aturan belaka.

"Kita kan komite ini ada semacam Juknis Kementerian Agama (KMA), komite ini dilindungi secara hukum jadi bukan sekonyong konyong muncul, terus kita buat. Ada peraturan dan pasal-pasalnya. Jadi masyarakat biar tau kenapa berbeda sekolah umum di naungan dinas dengan Kementerian Agama. Karena madrasah ini bukan dibawah naungan Pemda," tegasnya.

Kendati demikian, Inharma menjelaskan pihak sekolah akan tetap memfasilitasi murid kurang mampu yang ingin mendaftar, terutama yang berprestasi.

"Kalau mau baik tentu harus ada harga. Tapi kami juga tidak punya patokan harga mati. Ada anak yang tidak mampu juga kami fasilitasi. Seperti ada 2 anak yatim yang mendaftar, satu diantaranya orang tuanya diPHK. Akhirnya dijamin oleh kepala sekolah karena kita melihat kemampuan anak tersebut. Kalau tidak mampu pasti kami akan carikan solusinya. Distatmen saya setiap jumpa dengan orang tua murid jangan karena tidak ada uang batal mendaftarkan ulang anaknya," jelasnya.

Perlu diketahui, untuk biaya keperluan siswa di MAN 1 Pekanbaru seperti pakaian seragam, komite bulan Juli, matsama, matrikulasi, kartu pelajar, buku panduan akademik dan pengembangan mutu, total pembayarannya untuk putra sebesar Rp7.350.000 sedangkan untuk putri sebesar Rp7.4225.000.