Cegah Penyebaran Hoaks, Pelajar SMAN 1 Pekanbaru Diminta Saring Sebelum Sharing

SMAN1-Pekanbaru7.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Para pelajar kelas X dan XI SMAN 1 Pekanbaru tak henti-hentinya melontarkan pertanyaan saat mengikuti Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023.

Mereka sangat antusias melemparkan petanyaanseputar jurnalistik yang disajikan oleh Sofie, dan video jurnalitik oleh Sarmarita Rahmadhani serta digital security dalam bermedia sosial dibawakan langsung oleh Tiara Mulia Putri.

SMAN 1 Pekanbaru2

Siswi SMAN 1 Pekanbaru melontarkan pertanyaan saat mengikuti Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023/Riau online/Sofiah

"Pers sebagai pilar keempat demokrasi sekarang ini apakah benar-benar berfungsi? Bagaimana pers mengontrol eksekutif?," kata seorang peserta kepada pemateri, Sofie, di ruang kelas Multimedia SMAN 1 Pekanbaru.

Sofie menjawab pertanyaan bergelige (cerdas, smart) tersebut dengan lugas. Pers, tuturnya, tetap menjadi pilar keempat demokrasi dalam mengawasi kerja-kerja eksekutif, walau ada kerjasama.

Pelajar SMAN 1 Pekanbaru peserta Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023 antusias mengikuti acara/Riau online/Sofiah

"Ada namanya Fire Wall, dinding api, yang dipegang kuat oleh pers. Selain itu, peran warganet dalam bersosial media tanpa didukung pers, media, juga tak akan kuat gaungnya," ungkap Sofie.

Puluhan peserta didik memenuhi ruangan audio visual SMANSA dengan mengenakan pakaian melayu berwarna ungu. Goes to School ini merupakan kerja sama RIAUONLINE.CO.ID dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Riau.

Staf Diskominfotik Riau Tiara Mulia Putri membahas Keamanan Dalam Bermedia Sosial di acara Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023 antusias mengikuti acara/Riau online/Sofiah

Ia berpesan kepada peserta pelatihan, agar tidak langsung membagikan info yang didapat dari medsos. Melainkan menyaring info yang beredar di medsos.

"Saring dulu baru sharing. Jangan asal share. Mengapa? Karena info yang kita dapat belum tentu benar. Bisa jadi hoax. Jangan sampai kita menjadi penyebar hoax," tegasnya.




Kabid IKP Diskominfotik Riau, Eriadi Fahmi memaparkan materi di acara Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023/Riau online/Sofiah

Materi kemudian dilanjut mengenai Video Jurnalistik oleh Sarmarita Ramadhani. Katanya, dalam video jurnalistik ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

"Video jurnalistik ada yang berbentuk straight news dan feature. Pangambilan dan durasi perlu diperhatikan. Sebab, video merupakan gambar bergerak yang diambil dari sebuah teknologi penangkapan dan perekaman," ungkapnya.

Wakasek SMAN 1 Pekanbaru Budi Hariyanto memberikan sambutan di acara Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023/Riau online/Sofiah

Dengan begitu, video jurnalistik bermakna laporan berita yang dipaparkan dalam bentuk video bergerak (rekaman video). Tentunya, video jurnalistik juga harus memenuhi unsur 5W+1H.

Staf Diskominfotik Riau Tiara Mulia Putri membahas Keamanan Dalam Bermedia Sosial. Katanya, penting bermedia sosial secara bijak.

Pelajar SMAN 1 Pekanbaru berfoto dengan pemateri di acara Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023/Riau online/Sofiah

"Setelah bermain media sosial (medsos) diharapkan agar log out. Jika tidak dikhawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, di hack misalnya. Hacker sekarang banyak dari kalangan SMA," terangnya.

Tak hanya itu, jika membuat sandi pada email, untuk membuat karakter khusus. Hal itu menurutnya, agar tidak mudah dibobol oleh hacker.

"Kita tak pernah tahu siapa teman siapa lawan. Jadi, untuk sekarang ini di era digital percayalah dengan diri sendiri," ungkapnya.

Pelajar SMAN 1 Pekanbaru peserta Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023 antusias mengikuti acara/Riau online/Sofiah

Turut hadir Kepala Sekolah (Kepsek) SMAN 1 Pekanbaru, Wan Roswita diwakili Wakepsek Budi Hariyanto, Kepala Diskominfotik Riau Erisman Yahya diwakili Kepala Bidang (Kabid) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Eriadi Fahmi, serta CEO RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrur Rodzi.

Wakepsek Budi mengatakan terima kasih kepada RIAUONLINE.CO.ID dan Diskomintik Riau yang telah menunjuk SMAN 1 Pekanbaru sebagai sekolah untuk belajar jurnalistik.

Wakasek SMAN 1 Pekanbaru Budi Hariyanto memberikan sambutan di acara Goes to School dalam rangkaian HUT Ke-8 RIAUONLINE.CO.ID, Jumat, 19 Mei 2023/Riau online/Sofiah


"Di era digital ini, segala sesuatunya di dapat dari digital. Hari ini dalam rangka HUT RIAUONLINE.CO.ID saya berharap anak-anakku sekalian bisa mengikuti dan belajar bagaimana menyikapi era globalisasi mengenai jurnalistik, hoax, membuat konten, dan bermedia sosial yang baik," jelasnya.

Menurutnya, ini menjadi kesempatan berharga bagi SAMN 1 sebagai sekolah dipilih media siber terkemuka di Riau ini bersama Diskominfotik Riau. Budi berharap, pelatihan ini bisa menjadi bekal dalam bermedia.

Sementara itu, Kabid IKP Diskominfotik Riau, Eriadi Fahmi, menyatakan program ini menjadi bagian program dari Gubernur Riau, Syamsuar. Diskominfotik Riau berterima kasih kepada RIAUONLINE.CO.ID karena baru pertama kali dilakukan oleh media.

"Kegiatan literasi media dan literasi digital merupakan program dari Pak Gubernur. Alhamdulillah, disambut baik oleh RIAUONLINE.CO.ID kemudian bertajuk Goes to School," jelasnya.

CEO RIAUONLINE.CO.ID, Fakhrur Rodzi, mengatakan hasil atau out put dari kegiatan ini para siswa yang mengikuti mampu menulis karya tulis. Ditambah lagi, media siber akan berulang tahun 1 Juli 2023 ini menjelaskan, akan ada lomba menulis bertema "Seandainya Saya Menjadi Jurnalis".

"Jadi selain acara Goes to School nantinya juga akan ada Goes to Campus. Peserta mengikuti pelatihan ini nantinya bisa mengikuti lomba tulis serta video. Pemenang akan diumumkan dan diundang gala dinner bersama Pak Gubernur dan pejabat lainnya di acara malam puncak HUT 25 Juni 2023 mendatang," jelasnya.