Mendikbudristek Puji Syamsuar, Apresiasi Terbitnya Pergub Vokasi di Riau

nadiem.jpg
(Screenshot YouTube Kemendikbud RI.)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasi atas terbitnya Peraturan Gubernur (Pergub) Provinsi Riau Nomor 6 Tahun 2022 tentang penguatan pendidikan dan pelatihan vokasi melalui kemitraan dengan industri, dunia usaha dan dunia kerja.

 

"Oleh karena itu saya mengapresiasi upaya Pemerintah Daerah Provinsi Riau untuk merancang Peraturan Gubernur tentang vokasi yang diluncurkan," katanya melalui video tapping dalam acara peluncuran Pergub vokasi dan festival vokasi di Labersa Hotel.

 

Nadiem mengungkapkan, kunci dari peningkatan mutu pendidikan vokasi adalah gotong royong. Baik itu gotong royong antara satuan pendidikan dengan industri dan lain sebagainya. 

 

 

Untuk itu, ia meyakini semua upaya untuk mentransformasi pendidikan akan membuahkan hasil nyata jika semua pihak terus bergotong-royong.

 

"Marilah kita terus bergerak serentak mewujudkan merdeka belajar untuk vokasi kuat menguatkan Indonesia," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Nadiem mengungkapkan, semua pihak menyadari bagaimana perubahan zaman yang disertai perkembangan teknologi sudah menyebabkan perubahan yang sungguh luar biasa. Ilmu pengetahuan berkembang dengan cepat dan kondisi serta peluang kerja yang ada sekarang sudah jauh berbeda.

 


 

Ia menginginkan, terkait dengan perkembangan hal tersebut, agar pendidikan bertransformasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan, sehingga hal-hal yang diajarkan di sekolah sejalan dengan kemampuan yang benar-benar dibutuhkan di dunia kerja.

 

"Kondisi itulah yang menggerakkan kami di Kemendikbudristek untuk menghadirkan terobosan transformatif untuk pendidikan vokasi yaitu program SMK pusat keunggulan dan kampus merdeka vokasi," pungkasnya. (Advertorial Pemprov Riau)