Kasus Covid-19 Melonjak, Persediaan BOR di Pekanbaru Hanya 18 Persen

Zaini-Rizaldy9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru mengalami lonjakan selama Februari 2022. Jumlah kasus aktif di Kota Pekanbaru hingga, Selasa 15 Februari 2022 mencapai 1.395 orang.

Namun bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur di rumah sakit saat ini baru mencapai 18,04 persen. Ruang isolasi di rumah sakit saat ini masih tersedia karena kebanyakan pasien jalani isolasi mandiri dan isolasi di fasilitas pemerintah.

"Kasus aktif memang mengalami lonjakan, namun hanya sekitar tujuh persen yang dirawat di rumah sakit," jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Rabu 16 Februari 2022.

Menurutnya, banyak dari pasien yang terkonfirmasi positif mengalami gejala ringan sehingga tidak perlu jalani perawatan di rumah sakit. Kapasitas tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit tersedia 798 tempat tidur.


Dijelaskannya, tempat tidur itu tersebar di rumah sakit pemerintah dan rumah sakiT swasta. Ada 159 tempat tidur di ruang isolasi sudah terisi hingga saat ini.

Sedangkan tempat tidur ICU yang tersedia sebanyak 139 tempat tidur. Ada 10 tempat tidur ICU yang tersedia di rumah sakit.

"Untuk saat ini tempat tidur ruang isolasi maupun ICU masih tersedia," jelas Zaini.