Gajah Liar Masuk Tol Karena Terowong Perlintasan Kebanjiran

terekam.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Seekor gajah liar sumatera terpantau melintasi jalan tol Pekanbaru-Dumai di Kilometer 73, Kecamatan Pinggir, Bengkalis, Senin pagi kemarin.

Keberadaan gajah yang terekam kamera cctv jalan tol cukup menghebohkan. Gajah sempat merusak pagar pembatas sebelum akhirnya melintas di jalan tol.

Belakangan diketahui, gajah berjenis kelamin jantan itu melintas jalan tol karena terowongan perlintasan atau underpass-nya di kilometer 72 tergenang air cukup dalam.

Kepala Bidang Teknis Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Mahfud mengatakan, pada Minggu malam terjadi hujan deras yang mengakibatkan terowongan gajah (underpass) tertutup air sehingga tidak bisa dilalui gajah.

“Gajah ini melintas tol jadi pada malam itu ada hujan deras hingga underpass tertutup air dan digenangi air, sehingga gajah ini tidak bisa melintas karena terowongan tertutup air, gajah mengarah ke kanan mencari titik terendah untuk melintas pagar beton di sana,” sebutnya, Rabu, 16 Februari 2022.


Gajah jantan merupakan satwa dalam pantauan BBKSDA Riau penghuni Suaka Margastwa Balairaja. Gajah bernama Codet itu telah dipasang GPS Collar untuk memantau keberadaannya.

“Gajah itu melangkah dengan cara merobohkan beton yang di sana, kejadiannya di Kilometer 73 sedangkan underpass berada di Kilometer 72,” tutur Mahfud.

Mahfud menjelaskan, kejadian gajah liar melintas di Jalan Tol baru pertama kali terjadi.

“Selama ini gajah selalu lewat underpass dan yang melintas di atas Tol baru kali ini karena faktor alam, hujan sehingga underpass tergenang,” ungkapnya.

Dari pantauan GPS Collar pada gajah, saat ini posisi gajah telah mengarah ke kawasan Suaka Margasatwa Balairaja.

“Kami cek di titik koordinatnya sekitar empat kilometer dari jalan tol menuju kawasan Balairaja,” tutupnya.