Masih Sedikit Lansia Dapat Vaksin Booster di Pekanbaru, Ini Kata Kadiskes

Zaini-Rizaldy.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru yang mendapat vaksin booster atau vaksin dosis ketiga masih minim. Jumlah lansia yang sudah mendapat suntik vaksin dosis ketiga saat ini sebanyak 3.344 orang.

Sedangkan jumlah lansia di Kota Pekanbaru yang harus mendapat suntikan vaksin sebanyak 52.759 orang. Mereka adalah lansia berusia di atas 60 tahun.

"Masih banyak lansia yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksin booster, maka jumlah lansia yang booster masih sedikit," ujar Kepala Dinas Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Senin 7 Februari 2022.

 Syarat untuk mendapatkan booster lansia, kata Zaini, mereka harus mendapatkan lebih dahulu vaksin dosis kedua. Jarak pemberian vaksin dosis kedua dan vaksin dosis ketiga adalah enam bulan.

"Mereka tidak bisa mendapatkan begitu saja vaksin dosis ketiga usai selesai suntik dosis vaksin kedua. Maka jaraknya harus enam bulan pasca pemberian vaksin dosis kedua," jelasnya.

Sementara itu, capaian vaksinasi Covid-19 untuk lansia secara umum sudah 63,75 persen. Lansia yang sudah mendapat suntikan vaksin dosis pertama mencapai 33.632 orang.

 

 


Masyarakat yang mendapat suntikan vaksin booster atau dosis ketiga terus bertambah. Total ada 35.423 orang sudah mendapat suntikan vaksin dosis ketiga sejak awal Januari.

Mereka yang sudah menerima vaksin booster kebanyakan berusia 18 tahun hingga 59 tahun. Ada 31.990 orang sudah mendapat suntikan dosis ketiga.

Capaian vaksinasi secara umum di Kota Pekanbaru sudah 109,29 persen. Ada 817.558 orang yang sudah mendapat vaksin Covid-19.