Cegah Omicron, Warga Pekanbaru Diimbau Tunda Perjalanan Luar Kota

Muhammad-Jamil21.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Masyarakat Kota Pekanbaru diimbau waspada terhadap penyebaran Covid-19. Warga diminta menunda perjalanan luar kota. 

Saat ini, Satu kasus Omicron telah terdeteksi di Kota Pekanbaru.

"Kita imbau masyarakat tetap waspada, walau saat ini kita berstatus PPKM level 1," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, Minggu 6 Februari 2022.

Jamil mengimbau masyarakat agar menunda perjalanan ke luar kota. Apalagi banyak kasus saat ini merupakan kasus klaster rumah tangga. Mereka kebanyakan terkonfirmasi positif Covid-19 usai melakukan perjalanan dari luar kota.

"Lain halnya kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, apalagi kegiatan di luar kota bisa dilakukan secara virtual," paparnya.


Ia menyebut, tim satgas terus mengingatkan masyarakat agar ikuti protokol kesehatan secara ketat. Ia menegaskan, saat ini yang menjadi atensi utama adalah upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Pemerintah kota belum berencana membatasi aktivitas masyarakat di sekitar perbatasan kota. Ia menyebut, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru bakal berkoordinasi dengan Forkopimda terkait pembatasan tersebut.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy mengajak masyarakat untuk waspadai lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Kota Pekanbaru selama satu pekan ini.

Zaini mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat. Ia mengatakan sejumlah sampel terdeteksi probable Omicron.

"Memang Omicron sudah ada di Kota Pekanbaru, apalagi beberapa sampel sudah probable Omicron. Maka kita imbau masyarakat tetap ikuti protokol kesehatan yang ketat," ujarnya, Jumat 4 Februari 2022.