Hujan Saat Imlek Dipercaya Membawa Berkah

hujan57.jpg
(prostooleh)

Laporan: Haslinda

RIAUONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan turun bertepatan dengan malam pergantian Tahun Baru Imlek 2573 Kongzil.

Aktivis Budhis, Sosial dan Budaya Tionghoa Riau, Ket Tjing mengatakan dalam kepercayaan Tionghoa hujan merupakan pertanda berkah dan datangnya rejeki yang berlimpah.

"Jadi memang di dalam kepercayaan warga Tionghoa pada umumnya bahwa hujan itu merupakan pertanda berkah dari langit, meskipun hanya gerimis saja," ujar Ketjing kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin 31 Januari 2022.

Ketjing yang juga merupakan Ketua bidang Humas Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau ini menyebut di setiap tahunnya perayaan Imlek di seluruh Indonesia memang diwarnai hujan.


"Memang hampir perayan Imlek itu akan turun hujan karena bertepatan dengan musim hujan," tuturnya.

Kendati demikian, Ketjing berharap keadaan ini tidak menyebabkan terjadinya banjir di berbagai tempat, khususnya di Kota Pekanbaru.

"Hanya saja kita berharap hujan ini tidak menyebabkan banjir. Apalagi di Kota Pekanbaru hujan deras sejenak saja jalanan tergenang," imbuhnya.

Sementara, Forecaster On Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Anggun mengatakan hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada malam hari hingga jelang pergantian Tahun Baru Imlek.

"Namun hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," katanya, Senin (31/1/2022).

Anggun juga mengatakan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.