Sampah Menumpuk di Jalan Riau Ujung, Operator Angkutan Kemana?

sampah-jalan-riau.jpg
(Laras Olivia/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sampah menumpuk di sejumlah titik Jalan Riau ujung, Minggu 30 Januari 2022. Wilayah ini merupakan zona angkutan PT Godang Tua Jaya.

Mereka mengangkut sampah di zona I. Zona satu meliputi Kecamatan Binawidya, Tuah Madani, Payung Sekaki, dan Marpoyan Damai.

Pantauan riauonline.co.id, kebanyakan sampah menumpuk berupa plastik dari sampah rumah tangga. Aroma tidak sedap menyeruak dari balik tumpukan sampah sampah tersebut.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus kembali menyoroti kinerja dua operator angkutan sampah. Ia menyebut bahwa harus ada evaluasi terhadap PT Godang Tua Jaya (GTJ) dan PT Samhana Indah (SHI).


"Kita bukan kontrak mengangkut sampah kota, tapi melayani kebersihan kota di wilayah kerja yang disepakati dalam zona," tegasnya.

Menurutnya, operator sebagai mitra kerja pemerintah kota harus memastikan kondisi Kota Pekanbaru bersih dari tumpukan sampah. Mereka harus bekerja sesuai dengan sistem yang ada.

Firdaus juga mengingatkan masyarakat agar membuang sampah di Tempat Penampungan Sementara (TPS). Masyarakat bisa membuang sampah sesuai jadwal yakni pukul 19.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB.

"Jadi jadwal harus jadi perhatian operator, agar sampah yang ada bisa terangkut. Masyarakat harus antar sesuai jadwal, agar sampah tidak menumpuk," jelasnya.

Dirinya mengakui kondisi lapangan saat ini masih terkendala pengangkutan sampah mandiri lingkungan di RT maupun RW. Ia menyebut masih ada oknum yang mengaku sebagai angkutan sampah mandiri.

"Oknum angkutan ini membuang sampah sembarangan, akibatnya muncul TPS liar. Kita serahkan kerjasama ini antara operator dengan angkutan sampah mandiri, agar sistem angkutan sampah lebih tertata," pungkasnya.