Nyaris Kehabisan, Pekanbaru Akhirnya Kedatangan 20 Ribu Dosis Vaksin

vaksinasi-anak17.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kota Pekanbaru nyaris kehabisan pasokan vaksin untuk pemberian vaksin bagi anak pada awal pekan ini. Namun Diskes Kota Pekanbaru sudah mengajukan tambahan alokasi vaksin dari Kementerian Kesehatan RI untuk Provinsi Riau. 

 

Sebanyak 20.000 dosis vaksin Covid-19 sudah tiba di Kota Pekanbaru, Rabu 19 Januari 2022. Puluhan ribu dosis vaksin tambahan ini untuk membantu pemberian vaksin bagi anak-anak. 

 

"Kita sudah terima dosis vaksin tambahan, ada dua puluh ribu dosis vaksin jenis Sinovac sudah datang di Kota Pekanbaru," terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Rabu petang.

 

Pemberian vaksin bagi anak-anak saat ini masih bergantung pada pasokan vaksin yang ada. Ia menyebut bahwa pemerintah kota juga bersedia menerima dosis vaksin jenis Sinovac dari daerah lain yang belum terpakai. 

 

Total kebutuhan vaksin dosis pertama untuk anak-anak mencapai 81.542 dosis vaksin jenis Sinovac. Vaksin tersebut untuk memenuhi  kebutuhan bagi anak di Kota Pekanbaru yang belum mendapatkan vaksin dosis pertama. 


 

Proses pemberian vaksin Covid-19 bagi anak masih terus bergulir. Zaini mengatakan bahwa vaksinasi masih berlangsung di sejumlah sekolah. Tim mendatangi sekolah tersebut untuk pemberian vaksin bagi anak-anak. 

 

 

 

 

 

Proses vaksinasi juga berlangsung di Klinik Polresta Pekanbaru, Vaksin Centre Polda dan titik vaksinasi lainnya. Ada juga vaksinasi centre Kota Pekanbaru di Puskesmas Sidomulyo Rawat Inap dan Puskesmas Sapta Taruna. 

 

Sementara, capaian vaksinasi Covid-19 secara umum di Kota Pekanbaru sudah 104,18 persen dari total 748.096 sasaran. Lalu untuk capaian vaksinasi lansia sebanyak 61,96 persen.