4 Tips Mengobati Penyakit Hati Dalam perspektif Islam

pasangan-kekasih.jpg
(pixabay)

Laporan Linda Mandasari

RIAUONLINE, PEKANBARU-Hati merupakan komponen terpenting dalam diri manusia. Banyak sekali akibat yang ditimbulkan apabila manusia tidak dapat menjaga hati dengan baik.

Hati ibarat seorang raja yang memerintah dan tentaranya adalah seluruh anggota badan. Semua bergerak atas perintahnya. Oleh karena itu manusia harus senantiasa dapat menjaga hatinya agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang dibenci oleh Allah SWT.

Saat ini Riau Online akan membahas mengenai 4 Tips dalam mengobati penyakit hati (iri dengki) dalam perspektif Islam, simak ulasannya berikut ini.

Penyakit hati merupakan penderitaan yang ada dalam hati seperti, marah akibat musuh yang mengalahkan kita. Orang yang terkena penyakit hati maka hatinya akan selalu menghalang-halangi dalam melihat suatu kebenaran atau melihat sesuatu yang berbeda dengan kondisi yang sebenarnya.

 

Penyakit hati banyak macamnya di antaranya iri dengki, sombong, dan tamak.

Definisi penyakit hati dalam perspektif Islam merupakan keraguan terhadap ajaran Allah yang disampaikan oleh Rasul-Nya, sehingga ketika melakukan suatu kesalahan tidak ada lagi perasaan bersalah dalam dirinya. Banyak faktor penyebab penyakit hati salah satunya kerana syubhat dan syahwat, serta ada beberapa faktor yaitu syirik, berbuat maksiat, lalai, berpaling dari Allah, dan Sibuk dengan urusan dunia dan mengabaikan urusan akhirat.

 

  1. Jangan mudah berasumsi negatif

Ketika menyikapi segala hal, sebaiknya jangan berasumsi negatif. Karena hal ini merupakan jalan pintas rasa iri merasuki hati. Ketika iri dengki semakin membesar menjadi kemarahan, logika dan pikiran objektif sulit mendapat ruang.


Pada akhirnya, iri dengki hanya akan membuat seseorang mudah memanipulasi keadan dengan berbagai alasan.Sebaliknya, jika anda mampu berpikir positif dan tidak berasumsi negatif tentang apapun yang dilakukan orang lain, maka iri dengki tak akan merasuki diri. Terlebih hal ini bisa membuat seseorang merasa tetap bahagia dan tenang, bagaimanapun situasinya.

  1. Ketahui kemampuan diri

Portal Islam, 4 Tips dalam mengobati penyakit hati (iri dengki) dalam perspektif Islam selanjutnya adalah ketahui kemampuan diri. Rasa iri dengki muncul ketika dalam hati merasa tidak bisa mencapai seperti yang orang lain lakukan.

Untuk mengatasinya pahami sekaligus syukuri kemampuan diri sendiri dan menerima kondisi yang ada, sehingga tidak akan merasa iri ketika seseorang menguasai satu bidang. Dengan demikian, akan terasa wajar ketika ada orang lain yang berprestasi, bahkan anda akan merasa bahagia ketika melihat kebahagiaan yang dimiliki orang lain

 

  1. Introspeksi Diri

Introspeksi diri dengan menyadari kekurangan dan kesalahan yang ada pada diri. Jangan pernah merasa diri anda lebih baik, dan ketika melihat orang lain melakukan hal yang lebih anda merasa kecewa.

Apabila iri dengki bersumber dari apa yang dilihat di media sosial, mungkin saatnya melakukan mengatur waktu untuk tidak melihat media sosial dalam beberapa waktu. Selain itu, bisa juga dengan membatasi durasi berapa lama melihat media sosial.

Pada dasarnya hati yang disikapi secara konstruktif membuat seseorang bisa termotivasi melakukan hal yang lebih baik. Namun, berhati-hatilah jangan sampai iri hati mendominasi dengan pemikiran serba negatif.

 

 

 

 

  1. Berhenti membandingkan

Kecenderungan untuk membandingkan apa yang dimiliki orang lain dengan apa yang tidak. Ketika mulai membanding-bandingkan, pasti yang terasa lebih dominan adalah kekalahan yang berujung pada rasa iri dengki.

Ingatkan diri sendiri bahwa tak ada orang yang memiliki segalanya. Seberuntung apapun seseorang, pasti mereka juga memiliki masalah, kelemahan, dan hal lain sama seperti anda. Kebiasaan berhenti membandingkan ini juga dapat membuat seseorang lebih pandai bersyukur.

 

Sekian informasi mengenai Portal Islam, 4 Tips dalam mengobati penyakit hati (iri dengki) dalam perspektif Islam. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.