Dishub Pekanbaru Ajukan Pembuatan U Turn di Jalan Sembilang Rumbai

Yuliarso4.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan Jalan Sembilang, Kota Pekanbaru saat ini sudah memiliki dua jalur. Namun memang belum ada U Turn atau titik memutar di kawasan itu.

Ia menyebut, jalan dua jalur di kota mestinya memiliki U Turn. Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru pun mengajukan pembuatan U Turn ke Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau.

"Kita sudah ajukan agar dibuat U Turn di bagian tengah jalur itu," paparnya, Sabtu 18 Desember 2021.

Menurutnya, dinas sudah memberi rekomendasi tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum provinsi.


Mereka menanti pembuatan U Turn agar bisa dimanfaatkan masyarakat di kawasan itu.

Yuliarso mengatakan pihaknya hanya memberi rekomendasi pembuatan satu U Turn. Posisinya tidak jauh dari SPBU di kawasan tersebut.

"Di sekitar jalan itu ada bundaran juga yang ke arah komplek Pertamina Hulu," terangnya.

Pembuatan U Turn penting untuk menghindari kepadatan arus lalu lintas di kawasan itu.
Ia mengatakan bahwa ruas jalan itu jadi jalur alternatif ke kawasan Rumbai dari arah Jalan Jendral Sudirman melalui Jembatan Siak IV.

Diketahui, warga Rumbai mengeluhkan jauhnya akses memutar di Jalan Sembilang. Hingga kini belum ada u turn, sehingga masyarakat harus memutar jauh meski hanya pergi ke warung atau pom bensin sekitar.

Tak cuma itu, berdasarkan kesaksian warga, banyak pengendara yang melawan arus lalu lintas sebab tidak adanya u turn. Sejumlah masyarakat pun menjadi terganggu karena bisa memicu kecelakaan.