PPKM Level 2 Fokus Turunkan Kasus Aktif Serta Genjot Vaksinasi Lansia

wako-fid.jpg
(/Laras Olivia/RIAUONLINE.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan agar tim satgas penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru berupaya mencapai kembali indikator PPKM level 1.

Ada dua indikator yang menjadi fokus penanganan Covid-19 selama PPKM level 2 yakni penurunan kasus aktif Covid-19 dan vaksinasi.

"Keduanya fokus kita pada PPKM level 2 ini, agar bisa mencapai target menuju PPKM level 1," papar Firdaus, Jumat 10 Desember 2021.

Menurutnya, capaian vaksinasi bagi lansia yang masih rendah menyebabkan Kota Pekanbaru kembali naik dari PPKM level 1 ke PPKM level 2.

Tim vaksinasi saat ini baru mencapai 51 persen. Padahal untuk mencapai PPKM level 1 jumlah lansia yang sudah suntik vaksin sebanyak 60 persen.


Kenaikan level ini juga terjadi penambahan kasus aktif selama PPKM level 1. Penambahan kasus aktif berasal dari klaster satu sekolah.

Firdau mengatakan bahwa tim kesehatan berupaya menggesa vaksinasi bagi lansia. Ia menyebut capaian vaksinasi Covid-19 secara umum mencapai 87,11 persen.

Dirinya memastikan pasokan vaksin masih tersedia di Instalasi Farmasi Kesehatan Pekanbaru. Ada jenis Astrazineca, sinovac, moderna dan pfizer untuk vaksin pertama dan kedua.

Dirinya juga mengajak semua pihak ikut berupaya agar Kota Pekanbaru bisa kembali masuk ke PPKM level 1. Para camat dan lurah juga membantu peningkatan capaian vaksinasi bagi lansia.

"Tim vaksinasi dinas dan puskemas bisa bekerjasama dengan pihak terkait dalam percepatan vaksinasi lansia di wilayahnya," paparnya.