Pemko Bilang Perbaikan Jalan Lobak Butuh Sepekan, Kok Lama Banget?

ruas-jalan-Lombak-amblas.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Satu ruas Jalan Lobak, Kota Pekanbaru mendadak amblas. Tanah di bagian bawah jalan terban sehingga sebagian ruas jalan pun amblas. Dugaan awal jalan itu amblas akibat pengikisan tanah pada bagian bawah jalan.

 

Ada rencana proses perbaikan terhadap jalan yang amblas itu berlangsung, Selasa 26 Oktober 2021. Arus lalu lintas di ruas jalan itu terganggu karena terjadi penyempitan akibat amblasnya jalan. Masyarakat pun menandai lokasi amblasnya jalan dengan tanda seadanya.

 

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, Syamsulasyri mengatakan, ruas jalan yang amblas berada di titik drainase. Ia menyebut untuk penanganan gerak cepat bakal diturunkan alat berat.

"Jalan yang amblas akan ditimbun dan selanjutnya secara detail bakal diperbaiki," terangnya kepada awak media.

 

Menurutnya, untuk mobilisasi alat berat dan pengerjaan perbaikan jalan amblas diperkirakan berlangsung selama satu pekan. Ia berharap jalan ini bisa segera diperbaiki apalagi ruas jalan tersebut masuk jalur padat. 

 

Selama pengerjaan lalu lintas di Jalan Lobak akan menerapkan sistem buka tutup. Mereka bakal berkordinasi dengan Satlantas Polresta Pekanbaru dan Dinas Perhubungan kota pekanbaru.

 

"Waktu satu minggu, kita berupaya kembalikan kondisinya seperti semula. Ini arus jalan yang padat pada pagi dan sore," ujarnya. 


 

 

 

Syamsul menyebut, amblasnya ruas jalan ini karena air dari drainase menggerus bagian bawah jalan. Air drainase pun bergerak sehingga tanah pada bagian bawah jalan tergerus air drainase. Akibatnya ruas jalan itu amblas sekitar 50 meter.

 

"Badan jalan pun akhirnya tergerus drainase yang rusak, itu saja penyebab jalan ini amblas," paparnya.

 

Tim dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru bakal memasang precast atau beton pracetak. Perbaikan seiring memasukkan alat berat untuk menggali material yang amblas.