Hore! Pekanbaru Turun dari PPKM Level 4 Level 3, Ekonomi Menggeliat

firdausssss.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Perpanjangan PPKM level 4 tahap berakhir hari ini, Senin 6 September 2021. Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut, ada penurunan level PPKM setelah dilalui perpanjangan.

 

Kota Pekanbaru akhirnya turun dari level 4 ke level 3. Kepastian ini usai rapat evaluasi pelaksanaan perpanjangan PPKM level 4 bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, Minggu 5 September, sore.

 

"Jadi dari list yang disampaikan Pak Menko tadi, Kota Pekanbaru tidak berada di zona merah atau PPKM level 4," jelasnya usai mengikuti rapat bersama Tim Satgas Penanganan Covid-19 Nasional lewat video conference.

 

 

Firdaus menyebut, pemerintah kota menanti hasil rapat Presiden RI bersama tim satgas nasional. Menurutnnya, rapat tersebut belum menjadi pengumunan resmi terkait status Kota Pekanbaru.

 


"Setelah ada persetujuan dari Pak Presiden, baru diumumkan hasil evaluasi terhadap seluruh daerah yang sudah menggelar perpanjangan PPKM level 4," ujarnya.

 

Firdaus mengungkapkan syukur karena PPKM di Kota Pekanbaru turun ke level 3. Ia menilai hal ini hasil kerjasama masyarakat bersama tim satgas dalam upaya menekan penyebaran Covid-19.

 

 

Dirinya menyebut, penurunan status ini tidak membuat Satgas Penanganan Covid-19 diam saja. Tim nantinya bakal lebih optimal agar status penyebaran Covid-19 di kota ini bisa turun ke level yang lebih rendah.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan, pemerintah kota bersama satgas berupaya untuk turun ke level 2. Namun sejumlah sejumlah indikator harus dibenahi. Seperti meningkatkan penelusuran kontak erat pasien Covid-19.

 

Mereka berupaya menurunkan kasus penyebaran, angka terkonfirmasi hingga keterisian ruang isolasi di isoter dan rumah sakit. Ia mengajak masyarakat agar tidak lengah dengan Kota Pekanbaru yang bakal masuk level 3. Apalagi aktivitas perekonomian bisa berjalan. 

 

"Dengan menurunnya kasus Covid-19 membuat aktivitas perekonomian bisa berjalan seiring pemulihan ekonomi. Setelah berakhirnya perpanjangan PPKM level 4, kita akan masuk ke level 3. Lalu kita berjuang agar masuk level 2," pungkasnya.