Benarkah Ini Amplop Berisikan SK SF Hariyanto sebagai Sekdaprov Riau?

SF-Hariyanto2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Setelah sebelumnya beredar rumor SF Hariyanto terpilih menjadi Sekda Provinsi Riau, kini beredar amlop yang dirumorkan berisi SK penetapan SF Hariyanto.

Berdasarkan foto yang beredar, amplop coklat yang dikabarkan berisi SK SF Harinyanto ditujukan kepada Gubernur Provinsi Riau di Pekanbaru.

Di Pojok kiri atas tertera lambang burung Garuda. Ada tulisan plus disertai nomor, yakni R-214/Adm/TPA/08/2021 Salinan Keputusan Presiden Nomor 104/TPA Tahun 2021

Kabar soal siapa yang akan menjadi Sekda Riau memang ditunggu warga Riau setelah pejabat sebelumnya Yan Prana Jaya menjadi terdakwa korupsi dan sudag divonis 3 tahun penjara.

Lewat sekesai yang digelar Panitia Seleksi Terbuka Sekdaprov Riau, ada tiga kandidat yang dianggap layak menggantijan Yan Prana Jaya, mereka adalah Indra Suandi, Said Mustafa dan SF Hariyanto.

RiauOnline sudah mencoba untuk melakukan konfirmasi soal rumor perihal penunjukan SF Hariyanto sebagai Sekdaprov Riau definisi kepada Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, namun belum mendapatkan balasan.

Diberitakan sebelumnya, Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, mengatakan alur pemilihan Sekda berawal setelah Gubernur mengusulkan tiga nama untuk diserahkan ke Kemendagri. Selanjutnya, ketiga nama itu diteruskan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk dibuatkan SK pengangkatan.

"Selanjutnya dikirim ke Kemendagri dan diteruskan ke Presiden untuk dibuatkan SK pengangkatannya," ujarnya.


Berdasarkan informasi yang diterima, SF Hariyanto adalah mantan pejabat di era Gubernur Rusli Zainal. SF Hariyanto saat ini bekerja di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Diberitakan sebelumnya, Kepala BKD Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan sesuai Surat Keputusan (SK) Pansel, ktps.08/PANSEL/JPTM/2021 tertanggal 12 April 2021, telah menetapkan enam nama yang lulus seleksi administrasi calon Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau.

 

 "Iya, yang lolos enam. Ginting gak lolos administrasi, tidak mendapatkan izin atau rekomendasi dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK). Gak memenuhi syarat, intinya memang itu," kata Ikhwan Ridwan, kepada RIAUONLINE, Senin, 12 April 2021, saat berada di Gedung Daerah Pekanbaru.

Ia melanjutkan, untuk calon Sekdaprov Riau yang lulus administrasi di luar pejabat lingkungan Pemprov ada tiga orang.

"Sekda Kota Dumai, Herdi Salioso. Kadis Pariwisata Kuansing, Indra Suandy. Inspektur VI Kementerian PU, SF Hariyanto," ungkapnya.

Sementara untuk calon Sekdaprov Riau yang tiga lainnya. "Ada Surya Maulana (Staff Kesbangpol Riau), Said Mustafa (Staff Bappeda Litbang Riau), dan Said Syarifuddin (Widyaiswara BPSDM Riau)," ungkapnya.

Sebelumnya ada tujuh calon Sekdaprov Riau yang mendaftar. Namun, Asisten I Sekdaprov Riau, Jenri Salmon Ginting tidak lolos seleksi administrasi.