Mau Bantuan Sosial Pendidikan Rp 16 Miliar dari Pemprov Riau? Segera Daftar!

Muhammad-Saleh.jpg
((Wayan Sepiyana/RiauOnline))

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau kembali memberikan Bantuan Sosial (Bansos) Pendidikan kepada mahasiswa di 76 perguruan tinggi se-Provinsi Riau.

Khusus untuk mahasiswa penerima bantuan sosial pendidikan hanya diperuntukan bagi mahasiswa yang kuliah dan berdomisili di Riau.

 

Kasubag Pendidikan Biro Kesejahteraan (Kesra) Setdaprov Riau, Muhammad Saleh menyampaikan pemberian bantuan sosial pendidikan ini sebagai bentuk komitmen Gubernur Riau Syamsuar untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan.

Ia menyebut anggaran yang telah dipersiapkan sebesar Rp 16 miliar diperuntukan bagi 3.250 mahasiswa di seluruh perguruan tinggi di Riau.

 

"Persyaratan bantuan sosial pendidikan nanti menyusul, secara garis besar tidak berbeda jauh dari tahun lalu dan Pemprov telah mengusulkan melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kemarin untuk bantuan sosial pendidikan tahun ini naik Rp. 5 miliar dari Rp 11 miliar menjadi Rp 16 miliar yang dianggarkan," kata Muhammad Saleh, Senin, 02 Agustus 2021.

 

Dia menceritakan tiap tahunnya bantuan sosial pendidikan mengalami peningkatan jumlah mahasiswa yang menerima. 

 

"Selanjutnya untuk tahun ini, tahun kemarin bantuan sosial pendidikan diterima sekitar 2.684 mahasiswa dari seluruh Provinsi Riau. Tahun ini, Insya Allah cukup untuk 3.250 mahasiswa dari seluruh perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau," ujarnya.

 

Lanjut Saleh, khusus untuk beasiswa bidikmisi bhakti negeri dan bantuan sosial pendidikan yang menerima hanya kampus yang berada di dalam Provinsi Riau. 

 

 


"Tidak untuk di luar karena orientasinya adalah untuk mahasiswa kurang mampu yang wajib berdomisili dan berkuliah di dalam Provinsi Riau. Kalau beasiswa prestasi semua di dalam dan luar Riau akan kita perhatikan dari prestasi mahasiswa yang ada, asal memenuhi syarat," ungkapnya.

 

Pihaknya menegaskan lagi bahwa Gubernur Riau Syamsuar komitmen dan konsisten dalam menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa di luar Riau maupun di dalam Riau itu sendiri.

 

"Dimana untuk seluruh perguruan tinggi yang ada di Provinsi Riau, pada tahun 2020 itu ada 1.400 mahasiswa yang menerima, tahun 2021 yang menerima ada 2.684 mahasiswa, dan tahun 2022 yang akan menerima sekitar 3.250 mahasiswa," jelasnya.

 

"Pemerintah Provinsi Riau sangat memperhatikan mahasiswa baik yang kurang mampu, maupun mahasiswa berprestasi yang kuliah di dalam Riau dan luar Riau," pungkasnya.  

 

Khusus untuk beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri, program S1/D4 tahap lanjutan tanggal 30 September 2021. 

 

Kemudian, beasiswa prestasi dan profesi program D3, sarjana, sarjana terapan (D4), magister S2, Doktoral (S3) tahap lanjutan dalam maupun luar provinsi tanggal 15 September 2021.

 

Kemudian, beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri untuk penerima baru tanggal 15 September 2021, beasiswa prestasi bagi Program Diploma (D3) dan Sarjana/Sarjana Terapan (S1/D4) dalam Provinsi Riau untuk penerima baru Tanggal 30 September 2021.

 

Beasiswa Prestasi bagi Program Magister (S2) dan Doktoral (S3) dalam Provinsi Riau untuk penerima baru Tanggal 30 September 2021.

 

Selain itu, ada juga untuk beasiswa prestasi jalur tahfidz untuk calon penerima baru tanggal 31 Juli 2021 (selanjutnya dites pada awal bulan Agustus, jadwal menyusul).

 

Beasiswa Prestasi bagi Program Sarjana/Sarjana Terapan (S1/D4) luar Provinsi Riau untuk penerima baru Tanggal 24 September 2021.

 

Kemudian, Beasiswa Prestasi bagi Program Magister (S2) dan Doktoral (S3) Luar Provinsi Riau untuk penerima baru Tanggal 24 September 2021.

 

Beasiswa Prestasi bagi Program Magister (S2) dan Doktoral (S3) luar Negeri untuk penerima baru Tanggal 8 Oktober 2021.

 

Sekadar informasi, untuk lebih lanjutnya silahkan bertanya ke perguruan tinggi masing-masing perihal beasiswa bantuan sosial pendidikan yang akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Riau.