Seleksi Komisioner KPID Segera Dimulai, Ade Agus: Tak Ada Jalur Khusus Orang Lama

Ade-Agus-Hartanto5.jpg
(Sigit Eka Yunanda/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi I, Ade Agus Hartanto mengatakan seleksi Komisioner Komisi Penyiaran Informasi Daerah akan segera dimulai. Ia mengatakan tim pansel sudah dipilih, saat ini menunggu pengesahan dari pimpinan DPRD Riau.

"Sebagai penyelenggara langsung proses seleksi ini, komisi I sudah menyelesaikan pleno dan merekomendasikan lima nama panitia seleksi," ujar Ade Agus, Jumat, 23 Juli 2021.

Ia mengatakan, komposisi pansel terdiri atas tiga orang akademisi, satu tokoh masyarakat sekaligus pendiri KPI Riau, dan satu lagi dari ASN. Namun untuk namanya masih dirahasiakan.

Setelah di-SK oleh pimpinan DPRD, ia menyebut seleksi sepenuhnya menjadi tanggung jawab pansel sesuai ketentuan.

Setelah pansel di-SK kan, komisi I akan rapat perdana dengan pansel dan akan menyerahkan sepenuhnya ke Pansel tahapan-tahapan seleksi sesuai Peraturan Komisi Penyiaran Informasi (PKPI)


"Komisioner yang mencalonkan kembali langsung ke administrasi dan uji kelayakan, tapi kami sepakat seluruhnya melewati keseluruhan proses seleksi," ujar Ade.

Namun, Ade memberikan catatan untuk tetap mewajibkan bagi seluruh calon untuk mengikuti keseluruhan proses seleksi kendati dalam aturan PKPI ada aturan khusus bagi komisioner lama yang kembali ikut serta. Ia menegaskan tak ada jalur khusus incumbent.

Menurutnya, dalam jangka waktu lima tahun menjabat, bukan tidak mungkin ada perubahan dari komisioner lama.

"Kita berharap semua prosesnya diikuti keseluruhan Ini sudah lima tahun berlalu, tentu harus dicek lagi psikologinya, kemampuan akademisnya seperti apa," ujar Ade.

Ade menyebut proses ini juga seperti dilakukan oleh Anggota Dewan yang kembali mengikuti proses pen-caleg-an diharuskan mengikuti seluruh proses.

"Gak bisa langsung loncat, kita ketika mencaleg juga ngulang lagi dari awal," tutup Ade.