Rocky Dilaporkan Warga karena Masuki Kawasan Wisata Bukit Selancang

orangutan2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Warga Desa Aur Cina, Kecamatan Batang Gangsal, Indragiri Hulu, dikejutkan dengan kemunculan seekor Orangutan di kawasan objek wisata Bukit Selancang.

Kepala Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), Fifin Arfiana Jogasara mengatakan, Orangutan tersebut masuk areal objek wisata untuk mencari makanan.

“Masyarakat di sana khawatir denan satwa tersebut karena berbadan besar. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, masyarakat setempat melaporkan kepada pihak berwenang untuk dilakukan mitigasi,” jelasnya, Sabtu, 3 Juli 2021.

Ia menambahkan, dari hasil identifikasi, Orangutan tersebut bernama Rocky. Orangutan jantan berusia 19 tahun tersebut merupakan hasil rehabilitasi yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

“Sebelumnya Rocky ini dipelihara manusia, sehingga sifat alaminya berkurang, setelah jalani rehabilitasi, Orangutan ini dilepasliarkan di TNBT pada 16 Juni 2021 lalu, di daerah Bukit Sabun, Dusun Talang Tanjung,” terangnya.

Fifin menyebut, hingga kemarin pukul 18.35 WIB tim gabungan dari Tim Balai TNBT, kepolisian, serta pemerintah setempat masih mencari keberadaan Rocky yang semula berada di Bukit Selancang.

 


 

 

“Dugaan sementara Rocky telah masuk ke dalam kawasan TNBT. Tetapi, tim akan tetap lakukan penyisiran kawasan sampai Orangutan ditemukan kembali,” jelas Kepala Balai TNBT.

Jika nantinya Orangutan ditemukan, tim akan melakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

“Jika dinyatakan sehat dan layak untuk dilepasliarkan, makan akan kami rilis kembali ke tempat yang lebih jauh ke dalam kawasan TNBT, jika tidak sehat, akan kami rehabilitasi dulu di Jambi,” tutupnya.