Kunjungan Presiden Jokowi Bawa Energi Positif, Paham Apa yang Dibutuhkan Riau

Jokowi-di-Pekanbaru4.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Pasca kedatangan Presiden RI, Jokowi pada Rabu 19 Mei lalu, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri menilai, kedatangan Jokowi telah membawa energi positif.

Hal ini dikarenakan, menurut Azwendi, dua agenda kunjungan kerja (kunker) yang dihadiri Jokowi  dinilai sebagai bentuk semangat untuk memulihkan kembali ekonomi akibat pandemi Covid-19.

 

 

"Ketika Kota Pekanbaru mempunyai masalah zona merah atau tingkat infeksi penyebaran Covid-19 yang sangat tinggi sekali, Bapak Presiden antusias langsung datang ke daerah kita memastikan dan meninjau langsung apa yang dibutuhkan Provinsi Riau khususnya Pekanbaru," katanya. 

 

Lebih lanjut, Azwendi berterima kasih kepada pemerintah pusat. Pasalnya, pasca kedatangan Jokowi, pemerintah pusat memberikan bantuan berupa 50.000 dosis Vaksin Sinovac. 

 

"Kita mengucapkan ribuan terimakasih kepada pemerintah pusat atas bantuan vaksin ini untuk Kota Pekanbaru. Vaksin ini sangat berarti bagi kita semua demi memutus penyebaran Covid-19," ujarnya.

 

Selain meninjau vaksinasi, Azwendi juga menyambut positif kedatangan Presiden Jokowi dalam rangka peninjauan progres pembangunan ruas Tol Pekanbaru-Padang seksi Pekanbaru-Bangkinang.

 

"Artinya ada keinginan dari pemerintah pusat untuk menggerakkan ekonomi secepat mungkin. Jadi bagaimana pelaksanaan program vaksinasi dan pembangunan infrastruktur itu bisa beriringan sehingga roda ekonomi di Pekanbaru ini bisa kembali pulih. Mudah-mudahan ini menghasilkan hal positif bagi kita semua," jelasnya.

 

Azwendi berharap, untuk kedepannya, hubungan komunikasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang dalam hal ini adalah Pemko Pekanbaru agar dapat terus terjalin harmonis.


 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Riau, Rabu, 19 Mei 2021. Kunjungan kerja kali ini didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

 

 

Dari hasil pantaun RIAUONLINE.CO.ID di website resmi setkab.go.id, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

 

“Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Kepala Negara direncanakan untuk langsung menuju lokasi pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Bangkinang. Di sana, Presiden hendak meninjau perkembangan pembangunan konstruksi jalan tol sepanjang 40 kilometer yang termasuk ke dalam jaringan Tol Trans-Sumatera tersebut,” tulis website setkab, Rabu, 19 Mei 2021.

 

Setelah menyelesaikan agenda tinjaun jalan tol, Jokowi akan memberikan pengarahan kepada gubernur, wali kota, kota se-Provinsi Riau, dan bupati mengenai penanganan pandemi Covid-19. Pengarahan berlangsung di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kota Pekanbaru.

 

“Selepas pengarahan, Presiden bersama rombongan terbatas akan bergerak menuju Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) yang berlokasi tak begitu jauh dari Gedung Daerah Provinsi Riau untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19. Pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, pemerintah setempat menyasar para pelayan publik, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat, hingga lansia,” pungkasnya.