Berikan Tausiyah di Masjid Ar-Rahman, Wawako Singung Dampak Covid-19

Ayat-Cahyadi13.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi memberi tausiyah pada hari pertama shalat tarawih berjamaah di Masjid Agung Paripurna Ar Rahman, Kota Pekanbaru, Senin 12 April 2021, malam.

 

Ia menyampaikan tausiyah di hadapan jemaah yang hadir di masjid tersebut. Ayat mengaku bersyukur pada tahun ini umat muslim berkesempatan mendirikan malam Ramadan di masjid atau musala dalam pandemi Covid-19.

 

"Alhamdulillah tahun ini tetap bisa mendirikan malam Ramadan dalam pandemi Covid-19," terangnya dalam tausiyah.

 

Lebih lanjut dalam tausiyah, Ayat mengingatkan kembali dampak dari pandemi Covid-19. Ia menyebut, pandemi awalnya menyebabkan krisis kesehatan, kemudian krisis ekonomi.

 

"Tidak hanya itu, krisis sosial pun terjadi. Kita lihat dari banyaknya kasus perceraian akibat para suami yang kena PHK. Maka penting bagi kita menjadi pribadi yang bertaqwa," kata Ayat.

 


Ayat tidak lupa mengingatkan para jemaah yang hadir mengikuti shalat berjamaah harus dalam kondisi sehat. Mereka harus tetap disiplin mengikuti rangkaian malam Ramadan di masjid atau musala.

 

Ketua Harian Masjid Paripurna Agung Ar Rahman, Ilyas Husti mengatakan bahwa ibadah shalat tarawih berjamaah tetap bisa dilakukan. Namun harus mengikuti protokol kesehatan.

 

Ia menyebut bahwa jemaah yang baru datang langsung mencuci tangan dan berwudu. Mereka juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh.

 

"Kita juga memasang tanda agar jamaah selama dalam masjid, kita memastikan hanya 50 persen kapasitas yang terisi," jelasnya.

 

 

Pengurus masjid tahun ini meniadakan pemberian takjil atau hidangan buka puasa bagi jemaah. Mereka mendiakannya guna menghindari kerumunan.

 

"Jadi kita hanya menyalurkan takjil bagi anak yatim di sekitar masjid," paparnya.