Sudah Ada Pemenang Lelang Angkutan Sampah, Wali Kota Mau Ini Dilakukan

Firdaus12.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Pengelolaan angkutan sampah kembali diserahkan kepada pihak ketiga. Kini PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya mengelola angkutan sampah di Kota Pekanbaru.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengingatkan bahwa armada angkutan sampah harus mendapat dukungan dari optimalisasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Muara Fajar. Ia tidak ingin ada kendala pengelolaan sampah di TPA setelah ada pemenang lelang angkutan sampah.

 

"Terhadap pengelola baru nanti, agar komitmen meningkatkan kerjasama membersihkan kota. Jangan nanti alatnya sudah cukup tapi belum maksimal kerja membersihkan sampah di lingkungan," ujarnya, Kamis 18 Maret 2021.

 

Dirinya tidak ingin ada masalah baru di TPA. Ia pun menegaskan agar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru bisa mengatur pengelolaan sampah di TPA Muara Fajar.

 


"Mereka harus menerapkan sanitary land field dalam mengelola sampah di TPA. Siapkan peralatan dan personel, kelola dengan baik TPA," terang Firdaus.

 

Dirinya sudah mengingatkan sejak awal bahwa seluruh sampah kota bermuara di TPA Muara Fajar. Ada sekitar 1200 ton sampah diangkut ke sana setiap harinya.

 

Kepala Pengelolaan Sampah Dinas DLHK Kota Pekanbaru, Hendra Afriadi mengatakan bahwa pihaknya sudah membenahi tumpukan sampah di sekitar TPA Muara Fajar.

 

Proses pembenahan sampah dibantu sejumlah alat berat. "Kita sudah lakukan pembenahan, agar sampah tidak menumpuk," terangnya.

 

 

Hendra mengaku permasalahan tumpukan sampah di akses jalan ke TPA Muara Fajar sudah teratasi. Ia memastikan kendaraan pengangkut sampah bisa melintas dan tidak membuangnya di tepi jalan akses.