KLHK Kerahkan Helikoter Waterbombing Padamkan Karhutla di Riau

KLHK-Kirimkan-Helikopter2.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kerahkan satu unit helikopter pemadam atau waterbombing untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Riau.

Helikopter waterbombong dengan kapasitas satu ton air telah tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Selasa, 2 Maret 2021.

Tenaga Ahli KLHK Bidang Landscape Fire, Rafles Brotestes, mengatakan, helikopter pemadam langshng dikerahkan untuk membantu proses pemadaman karhutla di wilayah Giam Siak Kecil, Kabupaten Bengkais dan Lubuk Gaung, Kota Dumai.

“Kalau untuk helikopter KLHK ini kita fokuskan di Giam Siak Kecil disana ada beberapa titik. Tim disana juga sudah ada untuk lakukan pemadaman,” jelasnya.

Raffles, menambahkan, kapasitas helikopter waterbombing dapat menampung satu ton air guna lakukan pemadaman.

“Dalam sekali terbang selama dua setengah jam melakukan beberapa pengeboman air,” ungkapnya.


Selanjutnya sebanyak 11 helikopter akan tiba dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memperkuat satgas dalam proses pemadaman karhutla di Riau.

Pemadaman dari udara sangat dibutuhkan karena tim pemadam darat terkendala dalam padamkan api yang membakar lahan gambut karena minimnya sumber air.