Bakar Sampah Sembarangan, Tanah Seluas 2500 Meter Persegi Terbakar

Kebakaran9.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Sebidang lahan seluas 2500 meter persegi terbakar di Jalan Bundo Kanduang, Kecamatan Payung Sekaki, Pekanbaru, lahan terbakar diduga karena aktivitas bakar sampah.

Anggota Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru yang mendapatkan informasi adanya lahan terbakar, langsung menuju lokasi guna memadamkan api. 

Karena kondisi cuaca yang panas dan kering, mengakibatkan lahan cepat terbakar dan membakar lahan seluas lebih kurang 2500 meter persegi.

“Dugaan awal kita karena ada yang membakar sampah di sekitar lahan, karena kondisi lahan yang kering sehingga api dengan cepat membakar lahan,” kata Komandan Regu BPBD Kota Pekanbaru, Pati Sibuea, Kamis, 25 Februari 2021.


Pati Sibua, menambahkan, luas lahan di Jalan Bundo Kandung ini sekitar setengah hektar, namun yang terbakar seluas 2500 meter persegi.

“Vegetasi lahannya semak belukar namun ada juga sawit di lahan ini,” ucapnya.

Selain di Pekanbaru, kebakaran lahan juga terjadi di Kabupaten Bengkalis, Siak, Indragiri Hilir, Pelalawan dan Kota Dumai. Sebelumnya enam kabupaten dan kota di Riau telah terlebih dahulu menetapkan status siaga karhutla sebagai antisipasi mencegah terjadinya kebakaran lebih meluas.