Taufik Yendra Bersyukur Dianugrahi Kemampuan Bikin Lagu Melayu

Taufik-Yendra-Pratama2.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Komposer Musik Melayu Riau, Taufik Yendra Pratama menyampaikan ia mendapatkan anugerah bisa bermain dan menghasilkan karya lagu-lagu melayu.

 

Secara khas, ia pun secara otomatis berkarya sesuai dengan skill dan kemampuannya dalam seni musik, seperti musik melayu kampar. 

 

Menurutnya itu tidaklah sebuah pilihan, melainkan memang pemberian anugerah kepadanya untuk dapat melestarikan budaya melayu itu sendiri.

 

"Sebetulnya tidak memilih, tapi kayaknya dianugerahkan. Jadi, gini kalau dulu musik melayu, jadi kita dengarkan musik pesisir, seperti melembut," ungkap Taufik Yendra Pratama, saat hadir di acara ROL Cast, Sabtu, 06 Februari 2021.  


 

Kata Taufik menuturkan bahwa orang kampar yang mempunyai sebutan atau panggilan ocu hanyalah sebutan saja. 

 

"Sementara, kami di kampar itu memang sebagian, memang ada yang mengatakan kami itu orang ocu, sampai ada mengatakan suku ocu, tapi sebetulnya kami di kampar adalah orang kampar, kalau sebutan ocu ya hanya sebutan saja," ujarnya

 

Menurutnya orang kampar adalah orang melayu, dan melayu itu besar, bisa sampai di Sumbar, Kalimantan, Sulawesi, di Jakarta. 

 

 

"Saya pikir, karena saya tinggal di daerah tanah melayu, makanya otomatis passion yang saya keluarkan sudah otomatis berhubungan dengan bunyi-bunyi melayu. Apa yang saya buat ya otomatis musik melayu, musik kampar," pungkasnya.