Vaksinasi Massal Bagi Tenaga Kesehatan Berlangsung di 53 Titik

vaksin-nakess.jpg
(Laras Olivia/ Riau Online.)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Puluhan tenaga kesehatan menjalani vaksinasi Covid-19, Minggu 7 Februari 2021. Berpusat di RSD Madani, vaksinasi menyasar para tenaga medis yang berasal dari 31 rumah sakit dan 21 puskemas.

Petugas dengan APD lengkap menyuntikkan vaksin tersebut secara perlahan. Mereka memastikan bahwa area yang disuntik steril.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menuturkan ada ribuan tenaga kesehatan yang belum divaksin bisa segera mendapat vaksin. Para tenaga medis bisa datang ke layanan kesehatan yang membuka vaksinasi.

"Kita targetkan tenaga medis yang tersisa bisa disuntik vaksin," terang Firdaus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani menyebut vaksinasi massal bertujuan untuk percepatan proses vaksinasi Covid-19. Ia menyebut ada 38 ribu tenaga lebih kesehatan yang terdata di Provinsi Riau.


Mimi memaparkan, 37 persen tenaga kesehatan mayoritas berada di Kota Pekanbaru. Maka ia mendorong proses vaksinasi bisa dilakukan proses percepatan agar bisa menjangkau seluruh tenaga medis.

"Kita mendorong percepatan vaksinasi, agar bisa menjangkau seluruh tenaga kesehatan. Mereka nanti bisa nyaman beraktivitas karena kontak langsung pasien Covid-19," ujarnya.

Dilanjutkan Mimi, tenaga kesehatan nantinya vaksinasi bakal diberikan bagi tenaga publik. Ada rencana vaksinasi bagi tenaga publik bergulir pada Maret 2021.

Saat ini proses pendataan terhadap jumlah tenaga medis sedang dilakukan. Pemerintah berupaya agar minimal 70 persen masyarakat bisa mendapat vaksin agar tercapai herd imunity.

Proses vaksinasi bergulir sejak 13 Januari 2021 lalu. Batas pemberian vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan hingga Maret 2021 mendatang.