Riau Klaim, Jadi Wilayah Pertama yang Garap SDGs

SDGs.jpg

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau (Bapeda), Rahmad Rahim dengan tegas mengatakan bahwa Riau merupakan Provinsi pertama yang sukses membuat Reaksi Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkerlanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs).

Langkah ini dilakukan setelah peluncuran Rencana Aksi Nasional (RAN) SDGs beberapa waktu lalu di Istana Wakil Presiden RI.

Rahmad mengatakan RAD ini dilakukan agar setiap daerah yang ada di Riau dapat merasakan pembangunan yang adil, damai dan berkelanjutan.

"Alhamdulillah kita bisa mendahului dari kabupaten dan kota se-Indonesia dalam Tujuan Pembangunan Berkerlanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs) ini," katanya di hotel Aryadutha, Kamis, 12 Juli 2018.

Upaya yang dilakukan oleh daerah ini juga telah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang melibatkan semua pemangku kepentingan.

Selanjutnya ada tiga wilayah yang ada di Riau dengan tegas berani memulai aksinya yang akan diikuti oleh sembilan Kabupaten dan Kota lainnya.


"Tiga Kabupaten kita sudah melaunching. Seperti Meranti, Pelalawan dan Inderagiri Hilir. Sementara yang lain akan mengikuti," ucapnya jelas.

Nantinya, daerah melalui APBD nya akan bekerjasama dengan filantropi dunia usaha agar tidak hanya bertumpu pada satu sumber dana yakni keuangan daerah.

"Kita tidak sendiri, tapi bersama Dompet Duafa (DD) sebagai salah satu filantropi dimana mereka bersedia sebagai sumber dana untuk percepatan pelaksanaan program SDGs ini. Bagi perusahaan yang mau, tidak diwajibkan atau tanpa ada paksaan untuk donasi program ini. Karena Filantropi ini sudah mendapat dukungan dari Dompet Duafa," tandasnya. 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id