Tingkatkan Kepercayaan Masyarakat. Pekanbaru Segera Dirikan Mal Pelayanan Publik

Mal-Pelayanan-Publik.jpg
(internet)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Guna meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan publik di ibu kota Provinsi Riau, Pemerintah Kota Pekanbaru segera mendirikan Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Semangat kita berikan pelayanan terbaik pada masyarakat, lebih dekat, cepat dan mudah," kata Walikota Pekanbaru, Firdaus MT di Pekanbaru, Rabu 13 Desember 2017.

Firdaus mengatakan, rencana pembentukan MPP Pekanbaru itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2017.

Sejauh ini, sudah ada tiga kota di Indonesia yang terlebih dahulu membentuk MPP. Di antaranya adalah DKI Jakarta, Banyuwangi dan Surabaya. Sementara itu, dalam waktu dekat Kota Batam segera membentuk MPP.

Untuk itu, ia mengatakan Pekanbaru juga akan terlibat dalam melakukan inovasi yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik melalui MPP.

"Kita sudah sampaikan ke menteri. Bagaimana sarana prasarana pendukung (untuk membentuk MPP). Intinya yang kita inginkan adalah pelayanan terintegrasi lebih cepat," tuturnya.


Ia merincikan, nantinya MPP Pekanbaru akan meliputi berbagai sektor pelayanan, tidak hanya dari pemerintah setempat melainkan kementerian lembaga vertikal termasuk swasta.

Sebagai tahap awal, MPP yang ditargetkan dapat terbentuk pada Agustus 2018 mendatang tersebut, pihaknya terlebih dahulu akan membentuk tim. Tim tersebut nantinya akan bekerja untuk mempelajari sarana, prasarana serta mekanisme yang harus dilalui.

Sejauh ini, dia menuturkan pelayanan publik di Pekanbaru, terutama dalam bidang perizinan di bawah Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Pekanbaru terbilang maksimal.

Bahkan, oleh Ombudsman Republik Indonesia, DPM-PTSP Pekanbaru diganjar nilai sempurna serta dijadikan percontohan pelayanan publik secara nasional.

"Kalau di Pekanbaru, DPM-PTSP sudah sangat baik. Bahkan jadi "role model" nasional. Namun inovasi MPP yang merupakan inovasi Kementerian untuk meningkatkan pelayanan lebih baik lagi dan meningkatkan daya saing," pungkasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id