Mendagri Berpesan, Camat-camat se-Riau Selalu Berinovasi di Wilayahnya Masing-masing

Menteri-Dalam-Negeri-Thajo-Kumolo.jpg
(Azhar Saputra)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menteri Dalam Negeri, Thajo Kumolo inginkan agar camat yang ada di Indonesia dapat membuat inovasi dalam mengemban tugas desentralisasi Pemerintahan di wilayahnya masing-masing.

Ia juga mengetahui bahwa saat ini para camat sudah seperti Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan jabatan tidak seperti di masa-masa pemerintahan sebelumnya yang cukup disegani.

"Walaupun setingkat SKPD tapi tugasnya di Pemerintahan. Lakukan inovasi, seperti permudah pelayanan terhadap masyarakat. Misalnya ada membuant KTP cepat. Kalau perlu jemput bola, pakai sepeda motor," katanya saat menghadiri Rapat kordinasi Camat nasional bagian Barat di Hotel Aryaduta, Kamis, 16 November 2017.

Tambahnya, karena seorang Camat memiliki tugas membantu Walikota dalam Pemerintahan hingga memiliki kewenangan dalam tugas Pemerintahan umum, dirinya juga menginginkan para Camat nantinya dapat mengawasi kepala desa, membangun sinergi dengan wilayah tetangganya hingga melakukan kreasi disana-sini.

Meskipun Menteri ini mengetahui bahwa para Camat saat ini masih memiliki banyak kekurangan seperti minimnya dana dan anggaran, dalam hal yang satu ini dirinya berpesan agar hal itu tidak dikait-kaitkan untuk tidak melakukan inovasi.


"Camat itu dulu berkuasa. Sekarang sudah seperti SKPD. Saya ingin ada forum seperti ini. Lama-lama Camat ini diatara ada dan tiada. Lebih besar pula dana kepala desa. Tahun depan anggaran rehabilitsi kantor Kelurahan dan Kecamaatan akan turun,"imbuhnya memberi angin segar.

Namun dengan catatan, Presiden RI, Joko Widodo akan langsung memantau perkembangan dana yang diberikan ke tiap Kecamatan apakah telah sesuai dengan program Presiden RI tersebut.

"Januari 2018 mendatang Bapak Presiden akan keliling desa kontrol optimalisasi dana desa. Melihat padat atau tidaknya karya swasembada. Itu dilakukannya Jumat, Sabtu sampai Minggu," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id