Satelit Kembali Pantau Ribuan Titik Api di Sumatera

Kebakaran-Lahandi-Payung-Sekaki.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/YOLA RISTANIA VIDIANI)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU -  Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau kembali menemukan 1465 titik panas di Sumatera melalui  Satelit Modis Terra dan Aqua. Jumlah titik panas terbanyak masih didominasi oleh Sumatera Selatan yakni dengan 1296 titik api. Selanjutnya Bangka Belitung 63 titik, Jambi 48 titik, Lampung 41 titik, Riau 16 titik dan Bengkulu 1 titik.

 

"Wilayah Riau terpantau 16 titik panas yang tersebar di berbagai daerah seperti Pelalawan 8 titik, Indragiri Hulu 5 titik, Indragiri Hilir 2 tiik dan Siak 1 titik," kata Kepala BMKG, Jumat (25/9/2015)..


 

Kabut asap yang masih menyelimuti Provinsi Riau, lanjutnya, mempengaruhi jarak pandang di sejumlah wilayah seperti Rengat yang hanya sejauh 100 meter, Pelalawan 200 meter, Dumai 1500 meter dan Pekanbaru 4000 meter.

 

"Secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau cerah berawan disertai kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang tidak merata disertai petir dan angin kencang  pada sore hingga malam hari terjadi di Wilayah Riau bagian tengah, utara dan barat," tandas Sugarin.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline