Sah, Kepulauan Meranti Raih UHC

Adv-BPJS-Kesehatan2.jpg
(Istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi Kabupaten/Kota pertama yang berhasil mencapai Universal Health Coverage (UHC) di Provinsi Riau dengan jumlah kepesertaan mencapai 102.33 persen per 01 Oktober 2022.

UHC menurut World Health Organization (WHO) adalah menjamin semua orang mempunyai akses kepada layanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang dibutuhkan, dengan mutu yang memadai sehingga efektif, disamping menjamin pula bahwa layanan tersebut tidak menimbulkan kesulitan finansial penggunanya.

“Sebenarnya Kabupaten Kepulauan Meranti telah menjamin lebih dari 95% penduduknya menjadi peserta JKN sejak Tahun 2019 silam tapi karena dinamika pertumbuhan penduduk dan perubahan/mutasi kepesertaan sempat terjadi penurunan jumlah peserta. Bersyukur di Tahun 2022 Kepulauan Meranti kembali menjaminkan seluruh penduduknya,” ucap Deputi Direksi Wilayah Sumbagteng Jambi BPJS Kesehatan, Eddy Sulisitijanto Hadie, pada kegiatan penandatanganan UHC Kabupaten Kepulauan Meranti bersama Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil, beserta jajaran di Pekanbaru, Senin (10/10).

Kembalinya Kabupaten Kepulauan Meranti mencapai UHC tentu tidak lepas dari komitmen Kepala Daerah beserta jajarannya untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakatnya. Saat ini jumlah penduduk Kepulauan Meranti semester I adalah 210.843 jiwa dengan jumlah peserta JKN yang terdaftar adalah sebanyak 215.749 jiwa.


“Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti fokus untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat, salah satu yang kami lakukan saat ini adalah dengan mendaftarkan seluruh masyarakat Kep. Meranti ke BPJS Kesehatan untuk mendapatkan jaminan kesehatan. Kedepannya seluruh masyarakat Kep. Meranti cukup membawa KTP nya untuk berobat,” sebut Muhammad Adil.

Fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan yang siap melayani peserta JKN di Kepulauan Meranti adalah 10 Puskesmas, 2 dokter keluarga, 3 klinik pratama dan 1 rumah sakit. Muhammad Adil juga berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Riau untuk penambahan dokter spesialis di RSUD milik Pemda agar pelayanan peserta JKN makin meningkat.

“Semoga dengan UHC-nya Kepulauan Meranti dapat menginspirasi Kabupaten/Kota lain di Provinsi Riau untuk meningkatkan kepesertaan Program JKN dan mencapai UHC,” tutup Eddy.