5 Khasiat Cengkeh Bagi Tubuh

cengkehh.jpg
(pixabay.com)

RIAUONLINE - Penggunaan cengkeh perlu dilestarikan guna meningkatkan kesejahteraan petani cengkeh dan pemanfaatan khasiat cengkeh untuk kesehatan. Di Indonesia, produsen cengkeh terbesar berada di Pulau Sulawesi kemudian diikuti oleh Kepulauan Maluku.

Sekitar 60% produksi cengkeh Indonesia berasal dari Pulau Sulawesi. Kebutuhan cengkeh Indonesia, khususnya untuk pabrik rokok, sekitar 120.000 ton per tahun atau sekitar 95% kebutuhan cengkeh dunia. Saat ini Riau Online akan membahas mengenai Cengkeh, Yuk Kenali 5 Khasiat Cengkeh, simak ulasannya berikut ini.

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh atau minyak atsiri cengkeh yang dikenal eugenol cengkeh memiliki keunggulan lebih dari minyak atsiri eugenol lainnya. Keunggulan eugenol cengkeh adalah mempunyai kemampuan menghambat dibanding dengan minyak atsiri yang mengandung eugenol lainnya, misalnya jinten. Kelebihan ini membuat eugenol cengkeh dapat dipergunakan untuk kebutuhan kesehatan dan farmasi. Dengan penggunaan cengkeh yang lebih bervariasi diharapkan akan dapat memperbaiki harga cengkeh pada musim panen raya sehingga dapat meningkatkan pendapatan petani cengkeh di Indonesia.

Anti Kanker

Minyak cengkeh, eugenol cengkeh dapat dipergunakan sebagai obat anti kanker. Minyak esensial cengke adalah tumbuhan rempah yang sangat potensial untuk pengembangan lebih lanjut dalam membantu pengobatan kemoterapi modern untuk berbagai jenis kanker. Prosesnya melalui mekanisme molekuler apoptosis yang diinduksi eugenol pada melanoma, tumor kulit, osteosarkoma, leukemia, lambung dan sel mast. Aktivitas antiproliferatif dan mekanisme molekuler dari eugenol yang menginduksi apoptosis terhadap sel-sel kanker dan model hewan telah ditunjukkan. Kanker payudara adalah masalah kesehatan dunia yang utama. Pengobatan dengan menggunakan agen kemoterapi membawa efek samping baik jangka pendek mamupun jangka panjang. Eugenol sebagai agen anti-metastatik dan anti-proliferasi terhadap sel kanker payudara.


Anti Mikroba

Minyak cengkeh sebagai anti mikrobia dapat dipergunakan sebagai bahan utama untuk perawatan gigi. Sementara bakteri ini merupakan bakteri yang menginfeksi jaringan gigi pada manusia. Eugenol adalah senyawa fenolik alami dan memiliki aktivitas antibakteri. Eugenol merupakan anti bakteri yang bermanfaat untuk perawatan kesehatan kesehatan manusia. SealerNZOE menghilangkan semua mikroorganisme yang diuji dan NZOE memberikan efek antimikroba tertinggi terhadap Enterococcus faecalis dibandingkan dengan sealer Pulpdent dan AH 26.

Anti-jamur

Eugenol adalah komponen aromatik dari minyak cengkeh yang memiliki potensi terapeutik sebagai obat anti-jamur. Eugenol mengganggu dua perme, yang keduanya terlibat dalam transpor ganda asam amino aromatik dan rantai bercabang melalui membran sitoplasma ragi. Perturbasi perm sitoplasmik mewakili target anti-jamur baru dan dapat menjelaskan pengamatan sebelumnya bahwa paparan eugenol menyebabkan kebocoran isi sel.

Anti Oksidan

Gugus olefin dalam eugenol selain mengalami isomerisasi dapat juga mengalami oksidasi. Eugenol adalah senyawa yang bersifat antioksidan yang mempunyai molekul yang dapat memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Eugenol telah dilaporkan memiliki sifat antioksidan. Dalam upaya untuk meningkatkan aktivitas intrinsik dari senyawa alami ini, beberapa turunan dimungkinkan untuk disintesis. Eugenol diubah menjadi turunan sulfonatnya dalam rendemen moderat melalui perlakuan dengan asam klorosulfonat dan menjadi amina dengan mereduksi turunan nitronya. Transformasi ini dengan cepat dikonfirmasi oleh analisis GC-MS yang menunjukkan signifikansi molekul ion pada m/z 244 sesuai dengan rumus molekul C10H12SO5. dan pada m/z 179 sesuai dengan rumus molekul C10H11O2NH2.

Anti Inflamasi

Efek antiinflamasi dan antifibrogenik terbukti dari reduksi kadar interleukin dan faktor tumornekrosis. Penggunaan eugenol dapat mengurangi stres oksidatif mitokondria yang meningkat pada hepatitis. Efek hepatoprotektif eugenol telah dikonfirmasi oleh temuan histologis. Eugenol memberikan efek antiinflamasi, antiproliferatif, antifibrogenik dan remodelling di fibroblast kulit manusia. Penggunaan minyak essential cengkeh untuk pemeliharaan kulit manusia telah tersedia secara komersial. Dapat ditunjukkan bahwa eugenol pada konsentrasi 0,011% memberikan efek antiproliferatif yang kuat pada fibroblas kulit manusia. Ini secara signifikan menghambat peningkatan produksi beberapa pro-inflamasi biomarker, menghambat molekul protein remodeling jaringan, dan menghambat jaringan metalloproteinase. Selanjutnya, eugenol ini secara signifikan memodulasi ekspresi gen global dan mengubah tanda yang penting untuk peradangan, remodeling jaringan, dan proses pensinyalan kanker.

Sekian informasi mengenai Cengkeh, Yuk Kenali 5 Khasiat Cengkeh. Semoga informasi yang telah Riau Online berikan bermanfaat bagi pembaca.