Timbul Jerawat Hingga Gusi Berdarah, Tandanya Anda Kurang Vitamin

Jerawat.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Vitamin dan mineral penting bagi kesehatan tubuh. Cara utama mendapatkan vitamin dan mineral adalah dengan makan-makanan bergizi.

Apa yang terjadi ketika Anda kekurangan asupan vitamin? Sebab, kekurangan vitamin juga menghilangkan kemampuan Anda untuk melakukan berbagai aktivitas.

Di samping itu, kekurangan vitamin juga berdampak bagi masalah kesehatan lainnya. Ini lima tanda bahayanya yang dikutip dari Times Of India.

Jerawat dan kulit kering bisa menjadi hasil dari perubahan hormonal. Jerawat biasanya menjadi konsekuensi dari akumulasi kotoran dan juga kuman.

Di samping itu, tanda ini juga terjadi adanya kekurangan vitamin. Seperti kekurangan vitamin A dan E misalnya, yang dapat menyebabkan wajah berjerawat.

Selain itu, tingkat kekurangan vitamin B12 juga membuat kulit Anda terlihat lebih pucat dari sebelumnya. Karena itu, untuk memastikan diagnosis Anda, perhatikan tanda-tanda kelelahan ekstrem, perubahan suasana hati, dan masih banyak lagi.

Mata bengkak

Alergi merupakan faktor utama terjadinya mata bengkak. Namun, jika tanda ini lebih sering terjadi setiap bangun di pagi hari, bisa jadi pertanda adanya kekurangan kadar yodium.


Menurut sebuah penelitian, telah menghubungkan kekurangan yodium dengan penyakit tiroid, yang seringkali dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan, dan juga mata bengkak.

Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh dan juga kesehatan Anda. Salah satu tanda yang perlu diwaspadai adalah gusi berdarah, yang dikenal sebagai scurvy.

Selain itu, gejala yang bisa terjadi akibat kekurangan vitamin C adalah, mulai dari mudah memar, pendarahan, nyeri sendi dan otot.

Bibir pucat

Memiliki bibir pucat dan berubah warna bisa menjadi tanda dari faktor penyakit. Namun, bibir pucat juga terjadi adanya kondisi rendahnya kadar darah sel merah dalam tubuh.

Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh juga menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah, sehingga sulit untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Oleh karena itu, tanda ini bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit dan juga bibir. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Menyebabkan rambut kering dan rusak

Jika Anda memiliki rambut rusak dan juga kering, bisa jadi adanya kekurangan biotin, yang dikenal sebagai vitamin B7 dalam tubuh. Biotin merupakan nutrisi yang membantu menjaga rambut Anda.

Maka dari itu, tingkat biotin yang rendah dapat menyebabkan rambut kering dan berketombe. Selain itu, kekurangan biotin juga menyebabkan kuku rapuh hingga rambut menipis.

 Artikel ini sudah tayang di SUARA.com