Pemprov Riau Harus Tindak Tegas Pengedar Sarden Bercacing Pita

Ilustrasi-Sarden-Kaleng.jpg
(INTERNET)

Laporan : HASBULLAH TANJUNG

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Riau, Kordias Pasaribu meminta seluruh pihak agar lebih berhati-hati dengan peredaran makanan palsu dan kadaluarsa di pasaran.

"Ini kan keterbatasan BPOM untuk memastikan barang tersebut aman dikonsumsi. Apalagi yang di luar Pekanbaru, ini kan jauh dari jangkauan BPOM. Di Dumai saja ada banyak ditemukan makanan asal Malaysia yang tidak memenuhi standar kesehatan," ungkapnya, Selasa, 20 Maret 2018.

Dikatakan Kordias, ada tiga unsur yang harus memberi perhatian kepada kasus ini. Mulai dari pemerintah, pedagang, dan masyarakat.

"Pemerintah sebagai pengawas harus teliti dan harus memberikan sanksi tegas kepada pedagang yang melanggar ketentuan, seperti menjual barang yang sudah expired. Memang iya katanya, tapi selama ini kan hanya di sita barangnya saja, bukan orangnya," jelasnya.

Selain itu, menurutnya penjual makanan harus diberikan pembekalan dan diawasi secara ketat oleh pemerintah terlebih kepada pedagang di desa-desa.


"Lalu kepada masyarakat, jangan sementang dikasih murah atau gratis mau saja, itu patut dicurigai, ingatlah banyak uang kita yang akan keluar kalau kita sudah sakit," tuturnya.

Lebih lanjut, Kordias juga menilai peredaran makanan palsu seperti sardin yang ada cacing pita beberapa waktu lalu lebih berbahaya dibandingkan bahaya Narkoba.

"Kalau narkoba itu identik dengan orang nakal, tapi kalau makanan ini orang baik pun bisa kena. Kasihan kan kalau orang-orang di kampung ini, apalagi layanan Puskesmas mereka kurang maksimal," paparnya.

Untuk itu, Kordias meminta seluruh pihak terutama pihak keamanan di laut dan Bea Cukai untuk lebih aktif lagi dalam mengawasi barang-barang yang masuk ke Indonesia.

"Narkoba saja bisa lewat, apalagi barang-barang palsu seperti sarden yang ada cacing pita itu. Saya yakin 100 persen itu masuknya lewat pintu masuk air. Seperti selat panjang itu," tutupnya. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id