Kantung Mata Membandel? Ini Cara Mengatasinya

dr.-Oktri-Zulmeidi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FATMA KUMALA)

Laporan: Fatma Kumala

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memiliki kantong mata tentu sangat mengganggu penampilan, khususnya bagi kaum perempuan. Banyak cara agar kantong mata atau mata panda bisa segera hilang, dengan menggunakan eye cream yang beredar luas di pasaran. Lalu apa sebenarnya penyebab mata panda?

Mata panda atau kantung mata biasanya dikaitkan dengan kualitas tidur yang dimiliki seseorang. Memiliki kebiasaan tidur larut malam biasanya sebagai pemicu utama timbulnya mata panda.

Hal yang sama juga disampaikan oleh dr. Oktri Zulmeidi bahwa kurangnya istirahat malam bisa menyebabkan pembuluh darah di bawah mata melebar dan menyebabkan kantung mata terlihat.

“Penyebab lainnya adalah rhinitis alergi, biasa disertai dengan bersin yang akhirnya timbul kantung mata dan lingkaran hitam. Kemudian penuaan yang diakibatkan otot dan struktur jaringan menjadi kendur,” katanya kepada Riauonline.co.id, Rabu 21 Februari 2018.

Selain itu, menurut dr. Oktri timbulnya kantung mata dan lingkaran hitam pada mata juga bisa timbul lewat kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, sering menangis dan mengkonsumsi kafein.

“Kenapa kafein? Karena kafein bisa membuat seseorang sulit tidur. Jadi lama kelamaan bisa timbul kantung mata,” ujarnya.

Nah, kali ini dr. Oktri akan memberikan tips kepada pembaca Riauonline.co.id mengenai cara mengatasi kantung mata membandel dan lingkaran hitam pada mata

1. Istirahat yang Cukup

Jika tidak ingin memiliki kantung mata, pastikan anda memiliki jam tidur yang cukup yaitu 8 jam sehari.

2. Minum cukup air puth 2 liter per hari

3. Bantu dengan mengompres mata secara rutin

4. Gunakan eye cream secara rutin.

Untuk memastikan eye cream di pasaran aman atau tidaknya tentu harus diuji kandungannya terlebih dahulu. Untuk lebih gampangnya, silahkan langsung tanya ke dokter saja.

5. Berkonsultasilah dengan dokter kecantikan agar bisa melakukan tindakan laser resurfacing untuk menyamarkan warna gelap di sekitar mata.

6. Melakukan derma filler dengan mengisi asam hialuronat di atas tulang rongga mata.

7. Jika diperlukan, lakukan prosedur operasi blefaroplasti. Akan tetapi, hal ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter bedah plastik.

“Untuk menghilangkan kantong mata memang sebaiknya tetap menjaga pola tidur. Lagi pula kurang tidur atau istirahat gak baik bagi kesehatan, dan juga kecatikan,” jelasnya.

Nah, itulah beberapa informasi dari dr. Oktri perihal kantong mata atau mata panda. Sebelum mencoba tindakan operasi atau menggunakan eye cream yang beredar luas di pasaran, ada baiknya anda memperhatikan pola tidur dengan baik, kurangi kafein dan banyak minum air putih. Semoga bermanfaat.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id